Faktor Penyebab Kebakaran Rumah dan Pencegahan Kebakaran

Semua orang tentu tidak ada yang mau jika rumahnya dilalap oleh kebakaran. Namun, tak jarang juga di antara kita yang masih meremehkan dan merasa sudah cukup aman dari bencana tersebut.


Maka dari itu, untuk meminimalisir kemungkinan bencana tersebut kita harus memiliki beberapa tindakan pencegahan kebakaran dan mengenali faktor penyebab kebakaran rumah.




Mungkin kamu sudah berhati-hati dalam menggunakan perangkat rumah tangga yang menghasilkan api di dalam rumah, tapi hal tersebut belumlah cukup. Kebakaran dapat terjadi tanpa diduga-duga dan pemicu terjadinya sebuah kebakaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mungkin sangat sepele sehingga kita pun tidak menyadarinya.


Faktor Penyebab Terjadinya Kebakaran Rumah


Beberapa hal yang sering kita temui atau lakukan di dalam rumah mungkin masih dianggap sepele oleh beberapa orang, namun dari hal sepele tersebut jika tidak ditangani dengan benar dapat berakibat fatal, khususnya dapat menyebabkan rumah kebakaran.


baca juga : Kelas kebakaran dan cara penggunaan fire extinguisher


Sebelum berakibat fatal, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencegah terjadinya kebakaran rumah dilansir dari 99.co:

  1. Lupa Mematikan Kompor

  2. Beban Colokan Listrik Terlalu Banyak

  3. Membuang Puntung Rokok Sembarangan

  4. Membakar Sampah

  5. Si Kecil Bermain Korek di Rumah

  6. Ledakan Kompor Gas

  7. Kabel Listrik yang Sudah Tua


Beberapa faktor tersebut seringkali tidak kita sadari dapat memicu terjadinya sebuah kebakaran dan seringkali terjadi di kehidupan kita sehari-hari, misalnya saat kita kelupaan sedang memasak air untuk membuat kopi, memiliki colokan dengan cabang yang banyak, membuang punting rokok sembarangan, dan lain sebagainya.



Untuk mencegah kebakaran yang terjadi, maka kita harus lebih waspada dan selalu ingat akan apa yang dapat ditimbulkan dari hal-hal tersebut.


Langkah Pencegahan Kebakaran di Rumah


Dilansir dari Dekoruma, langkah mencegah terjadinya kebakaran di dalam rumah dapat dimulai dengan memberikan perhatian pada perawatan, rancangan, hingga penggunaan material rumah yang dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya musibah kebakaran rumah.


Beberapa langkah pencegahan kebakaran di rumah:

  1. Perawatan Sistem Elektrikal

  2. Bahan Bangunan Anti Kebakaran

  3. Desain dapur yang baik

  4. Perbaiki sistem storage

  5. Sediakan smoking area jika perlu

  6. Padamkan listrik saat tidak digunakan

  7. Siapkan tempat pembakaran sampah khusus

  8. Bekali rumah dengan fire alarm dan fire extinguisher


1. Perawatan Sistem Elektrikal


Sistem kelistrikan merupakan penyebab tertinggi terjadinya sebuah kebakaran rumah mulai dari kelalaian penggunaan hingga hubungan arus pendek yang memicu titik api penyebab kebakaran.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan peralatan listrik yang sesuai dengan standar keamanan dan lakukan juga perawatan secara berkala.

Pastikan juga untuk menggunakan stop kontak sesuai kebutuhan. Stop kontak yang berlebihan atau menumpuk dapat memicu arus listrik yang berlebihan.


baca juga: mengenal mengenai Fire Sprinkler




2. Bahan Bangunan Anti Kebakaran


Bahan bangunan seperti kayu, plastic, dan sejenisnya merupakan bahan yang mudah terbakar. Pastikan kamu menghindari penggunaan material tersebut pada area-area yang memiliki kontak dengan api, seperti dapur dan ruang kelistrikan.

Kamu juga bisa beralih menggunakan material-material yang tahan api seperti semen, cat dinding yang sudah dimodifikasi, hingga kayu-kayu artificial yang sebenarnya terbuat dari semen.

3. Desain Dapur yang Baik


Selain masalah kelistrikan, dapur juga merupakan salah satu faktor tertinggi penyebab terjadinya kebakaran sehingga diperlukan perancangan dapur yang baik.

Pastikan posisi LPG dan kompor terpisah dengan dinding agar tabung dan api tidak memiliki kontak langsung. Selain itu, ventilasi yang baik pada dapur terutama ruang penyimpanan tabung LPG juga sangat diperlukan agar jika terjadi kebocoran gas dapat diketahui sejak dini dan gas juga tidak tertumpuk di satu ruangan sehingga rentan terjadi kebakaran.

4. Perbaiki Sistem Storage


Gunakan ruang penyimpanan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Untuk barang yang mudah terbakar seperti kertas atau dokumen-dokumen penting disarankan untuk menyimpannya di brankas yang tahan api.

5. Sediakan Smoking Area, Jika Perlu


Meski dapat dibilang sangat jarang terjadi, namun kemungkinan terjadinya kebakaran akibat kelalaian membuang punting rokok masih dapat terjadi. Disarankan sebuah rumah memiliki ruangan khusus merokoknya sendiri karena selain menghindari terjadinya kebakaran, juga untuk menjaga agar udara di rumahmu sehat.



6. Padamkan Listrik Saat Tak Digunakan


Selalu gunakan listrik secukupnya atau padamkan listrik jika kamu meninggalkan rumah dalam waktu lama. Pemakaian berlebihan dapat memicu konsleting yang berakhir pada kebakaran rumah.

7. Siapkan Tempat Pembakaran Sampah Khusus


Gunakan tungku atau tempat khusus untuk membakar sampah. Pastikan juga tempat pembakaran berada jauh dari bangunan namun dekat dengan sumber air agar kamu dapat segera memadamkannya jika api dirasa mulai membesar.

8. Bekali Rumah dengan Smoke Detector dan Fire Extinguisher


Meski bukan bangunan komersil, rumah juga perlu membutuhkan alat pemadam api yang memadai. Lengkapi rumahmu dengan smoke detector agar kamu dapat dengan mudah mengetahui jika ada titik api di dalam rumahmu.

Untuk ruang yang mudah memicu api, kamu juga dapat menyediakan fire extinguisher sebagai pencegahan terhadap kebakaran rumah.

Itulah berbagai hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah. Jangan ragu untuk menginvestasikan sedikit biaya untuk membeli alat-alat pencegahan kebakaran rumah karena jika sampai rumahmu terbakar, uang yang akan kamu keluarkan bisa jauh lebih besar disbanding dengan membeli peralatan tersebut.


baca juga : mengenal fire alarm system

0 tampilan

Hubungi Kami

  • whatsapp logo
  • YouTube

PT. Mitra Jaya Sarana

Ruko Daan Mogot Baru Blok KJE,

Jl. Tampak Siring No. 12A, Kalideres

Jakarta Barat, DKI Jakarta

Indonesia

© 2020 by PT. Mitra Jaya Sarana