Kenali Fungsi Dry Chemical Powder, Kelebihan Serta Kekurangannya

Diperbarui: 6 Des 2020

Apa yang Anda pikirkan tentang dry chemical powder? Bagi para pekerja di bidang pemadam kebakaran tentunya tidak asing dengan istilah yang satu ini. Pasalnya istilah tersebut digunakan untuk menyebutkan salah satu alat yang digunakan untuk memadamkan api. JIka dilihat dari nama yang dimilikinya, banyak orang yang beranggapan bahwa alat tersebut menggunakan powder atau bahan bubuk. Namun apakah hal tersebut benar adanya?


Tentang Dry Chemical Powder


Untuk mengetahuinya, ada baiknya jika Anda simak penjelasan di bagian bawah ini :

Dry Chemical Powder adalah media yang mengandung kombinasi monoammonium fosfat serta ammonium sulfat. Zat tersebut dikenal dengan fungsinya yang dapat memutuskan reaksi kimia dari segitiga api. Dengan demikian, api pun dapat dipadamkan dengan lebih mudah. Penggunaannya Biasa dipakai mematikan Api dengan resiko Kebakaran Kelas A,B dan C (bahan Padat, Cair, dan Gas).

Sebagai salah satu alat pemadam kebakaran dry chemical powder adalah komponen alat yang memiliki titik lebur lebih rendah serta keberadaannya yang dikenal dengan tekstur berupa partikel padat. Dengan demikian, media powder yang dimilikinya pun dapat menghalangi masuknya oksigen pada titik api atau area kebakaran yang ada.


Kelebihan Fire Extinguisher dengan Dry Chemical Powder

  1. Serbaguna, bisa digunakan untuk Setiap Kelas Kebakaran (A,B, dan C).

  2. Tidak Menghantarkan Arus Listrik (Non Konduktif).

  3. Kimia Kering Tidak Beracun (Non Toxic).

  4. Dapat Menahan Radiasi Panas dengan serbuk Partikelnya dan mendinginkannya

  5. Dapat Digunakan di Luar Ruangan Maupun di dalam ruangan.

  6. Mudah dalam Pengoperasian dan Pemakaiannya dengan Metode P.A.S.S

Produk Kami : Fire Extinguisher Dry Chemical Powder Merek Quickfire .


Akan tetapi bukan hanya dikenal dengan kelebihannya saja, alat pemadam kebakaran ini juga dikenal dengan beberapa kekurangannya.


Hal ini terlihat melalui kehadiran media yang mengalami perubahan, seperti halnya mulai menggumpal. Tidak hanya itu, penggunaan alat ini juga dapat mengotori setiap area yang terbakar dan mulai dipadamkan olehnya.


Hal ini jelas berbeda dengan penggunaan Co2 serta HFC yang dikenal dengan clean agent, karena penggunaanya dianggap sebagai media yang cukup bersih. Dengan kata lain, penggunaan media tersebut sebagai alat pemadam kebakaran tidak meninggalkan bekas yang terlihat secara fisik.


Sementara itu, jika dilihat dari segi kelebihan lainnya, alat pemadam kebakaran dry chemical powder juga dikenal sebagai alat yang mudah untuk dibersihkan. Bahkan penggunaannya pun tidak menimbulkan resiko yang cukup berarti. Sedangkan perubahan media yang membuatnya menjadi menggumpal itu lebih diakibatkan oleh perubahan ekstrim. Namun hal tersebut tentunya dapat diatasi dengan mudah, utamanya jika Anda melakukan perawatan dengan tepat padanya.


Seperti halnya membolak-balikkan tabung atau alat tersebut secara rutin selama 6 bulan sekali serta menempatkannya di lokasi yang aman. Pasalnya jika alat pemadam tersebut ditempatkan di area yang terpapar sinar matahari secara langsung, maka hal tersebut pun akan mengakibatkan adanya kelebihan tekanan atau over pressure.


Selain dikenal dengan beragam kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya, alat yang dikenal dengan bentuk tabung ini juga hadir dengan berbagai ukuran berbeda. Ukuran tersebut umumnya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pengguna. Karena itulah keberadaannya pun hadir dari ukuran terkecil seperti halnya alat pemadam portable yang terdiri dari ukuran 1 hingga 6 kg.


Namun selain ukuran tersebut ada pula beberapa ukuran tabung pemadam kebakaran yang jauh lebih besar. Dimulai dari ukuran 20 kg hingga 80 kg. Jenis tabung tersebut pun hadir dengan 2 tipe berbeda, dimulai dari tipe cartridge serta tipe stored pressure system. Kedua tipe tersebut dikenal sebagai tipe yang paling banyak digunakan di Indonesia.



Cara kerja dari alat dry chemical powder


Cara kerja dari alat pemadam ini dilakukan dengan menahan radiasi berupa panas yang ditimbulkan oleh api. Hal tersebut dilakukan secara langsung oleh serbuk partikel yang dimilikinya yang secara langsung disemprotkan pada titik api yang menyala. Meskipun penggunaannya dikenal dengan menggunakan beragam serbuk kimia, namun untuk penggunaanya sendiri serbuk ini tidak menimbulkan bahaya. Baik itu bagi lingkungan di sekitarnya atau bahkan makhluk hidup yang ada. Hal ini berkaitan dengan bahan yang digunakan tidak beracun, sehingga tetap aman untuk digunakan.


Penyedia dry chemical powder berkualitas tinggi

Dikenal sebagai alat pemadam kebakaran berkualitas tinggi, tentu keberadaan dry chemical powder banyak diincar orang. Karena itulah kebenarannya pun cukup sulit untuk ditemukan. Namun bagi Anda yang membutuhkannya kini Anda tidak perlu khawatir kembali. Anda dapat menghubungi PT. Mitra Jaya Sarana untuk mendapatkan Fire Extinguisher Dry Chemical Powder merek Quickfire.


baca juga : Jenis Jenis Alat Pemadam Api Ringan atau Fire Extinguisher

366 tampilan

PT. Mitra Jaya Sarana

Pusat Bisnis Daan Mogot Baru Blok KJE,

Jalan Tampak Siring No. 12A, Kalideres

Jakarta Barat, DKI Jakarta, 11840

Indonesia

Senin - Jumat

08:00 - 16:00

ABOUT

Produk

Marketing

  • Facebook
  • YouTube mitra jaya sarana
  • LinkedIn mitra jaya sarana

© 2021 by PT. Mitra Jaya Sarana