Mengenal Komponen Alat Pemadam Kebakaran: Machino Coupling

Published On 
Juni 2, 2021

Pernahkah Anda mendengar tentang machino coupling? Salah satu bagian dari alat pemadam kebakaran ini dikenal sebagai bagian penting. Hal ini berkaitan dengan tujuan yang dimilikinya, yang mana kopling digunakan untuk menyambungkan koneksi antara selang dengan bagian nozzle atau selang pemadam.

Kopling menjadi bagian vital,pasalnya jika kopling memiliki bagian yang tidak sama atau bahkan mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan kopling tersebut tidak dapat mengalirkan air dan juga tidak berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, proses bending atau klem pun jika tidak dilakukan dengan baik, maka ia dapat berakibat fatal. Seperti halnya menjadikan kopling terlepas begitu saja setelah ia menarik tekanan yang besar dan berasal dari aliran pompa air.

Machino coupling
Image Source: impatools.com

Mengenal kopling pemadam kebakaran

Untuk alat pemadam kebakaran yang dikenal dengan sebutan kopling ini hadir dengan jenis yang cukup beragam. Salah satu diantaranya yang cukup populer dan banyak digunakan adalah machino coupling.
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh menegenai jenis kopling tersebut, maka pastikanlah untuk menyimak uraian penjelasan di bagian bawah ini :

Informasi seputar machino coupling

Machino coupling dikenal sebagai fire hose atau katup dari selang pemadam kebakaran yang pada mulanya digunakan di kawasan negara Jepang. Hadir sebagai salah satu teknologi canggih yang berasal dari Jepang, tidak heran jika kualitas mutu yang dimilikinya pun sangat terjamin.

Tidak hanya itu, jika dilihat dari segi desain, jenis alat dengan teknologi canggih ini memang sengaja dibuat berbeda. Hal ini berkaitan dengan usaha Jepang yang ingin dipandang oleh seluruh dunia. Dengan kata lain, Jepang ingin membuktikan bahwa dirinya mampu berdiri sendiri, termasuk dalam menciptakan berbagai jenis produk berkualitas yang tentunya dapat disandingkan dengan jenis produk berkualitas dari negara lainnya pula.

Produk Kami : Fire Hydrant Sytem dan Equipment dari Mitra Jaya Sarana.

Karena itulah dapat dikatakan bahwa jenis alat yang satu ini memang diproduksi untuk mendapatkan nama yang bersaing di dunia internasional, utamanya untuk bidang pemadaman kebakaran.

Berbicara mengenai kopling yang satu ini, ia dikenal dengan bagian pengait di dalamnya yang dapat mengunci satu sama lain, di antara kopling male serta female yang dimilikinya. Bahkan untuk proses membuka serta menutup pun juga dikenal dengan penggunaan waktu yang tidak lama.

Untuk cara pemasangannya sendiri, Anda hanya tinggal memasukkan bagian male secara lurus ke arah female hingga terdengar bunyi klik. Bunyi tersebut menjadi pertanda bahwa alat itu telah terkunci. Sementara itu, untuk proses pelepasan, Anda hanya tinggal menekan handle yang terdapat di bagian male dan arahan menuju bagian female. Setelah itu, barulah bagian female tersebut pun dapat dilepaskan secara perlahan.

Jenis kopling yang satu ini hadir dengan berbagai ukuran berbeda. Salah satu di antaranya adalah 1,5” kemudian 2" hingga 2,5”. Selain ukuran yang beragam, untuk bahan pembuatnya pun juga terbilang beragam. Hal ini terbukti dari penggunaan kuningan, aluminium, hingga bahan material stainless yang juga turut digunakan olehnya.

Mengenal bahan material machino coupling

Seperti yang telah disebutkan pada bagian diatas tadi, bahan material yang digunakan untuk membuat kopling ini hadir dengan pilihan beragam. Bahan pembuat pertama yang cukup sering digunakan olehnya adalah kuningan atau brass serta aluminium. Namun selain bahan tersebut ada pula yang menggunakan bahan stainless steel.

Penggunaan bahan stainless steel tersebut dikenal dengan harganya yang lebih tinggi. Hal ini tidak lepas dari kualitas yang ditunjukkannya yang mana tingkat daya tahan yang dimilikinya dapat bertahan jauh lebih lama. Bahkan bahan tersebut dapat bertahan dari perubahan cuaca ekstrem. Selain itu, bahan tersebut juga dapat terhindar dari hadirnya korosi, yang diakibatkan oleh zat-zat lain seperti garam, minyak ataupun bahan kimia berbahaya lainnya.

Selain bahan material yang berbeda, ukuran yang dimilikinya juga dapat mempengaruhi kualitas dari tingkat ketahanan yang dimilikinya. Apalagi jenis alat yang satu ini sangat berkaitan erat dengan tekanan air yang cukup tinggi. Dengan demikian penggunaannya pun harus memperhatikan ukuran serta tekanan yang ditimbulkannya. Karena pada umumnya alat tersebut hanya dapat menahan tekanan air hingga ukuran 1,6 Mpa saja.

Manfaat machino coupling

Sesuai dengan fungsi yang dimilikinya, keberadaan alat yang satu ini tentunya sangat berfungsi dan bermanfaat dalam memadamkan api, utamanya membantu tim atau regu pemadam kebakaran dalam menyelesaikan setiap tugas yang dimilikinya.

Artikel Lainnya
Juni 24, 2021
Mengenal Diesel Fire Pump dan Cara Kerjanya

Pemompaan pada instalasi fire fighting (hydrant dan sprinkle)  tidak boleh tidak mesti memiliki pompa cadangan yang mendukung fungsi pompa utama. Oleh karena itu kesertaan Diesel Fire Pump tidak kalah penting dengan Electric Fire Pump dan Jockey Pump dalam satu sistem. Apa itu Diesel Fire Pump Penyebutan Diesel Fire Pump berlaku untuk jenis pompa diesel yang […]

Read More
Juni 23, 2021
Electric Fire Pump Pada Sistem Pemadam Kebakaran

Electric Fire Pump memiliki kedudukan penting sebagai pemasok air pada sistem hydrant dan sistem sprinkler fire protection. Dengan didukung oleh Jockey Pump dan Diesel Fire Pump, pompa elektrik memungkinkan pipa menyalurkan air menuju titik bukaan hydrant atau nozzle. Apa Itu Electric Fire Pump Pompa Elektrik atau Electric Fire Pump merupakan pompa utama di dalam sistem […]

Read More
Juni 22, 2021
Jockey Pump Pada Sistem Fire Hydrant dan Fire Sprinkler

Dalam sistem hydrant dan sistem sprinkle, terdapat 3 jenis pompa yang saling berkaitan fungsinya dalam menjalankan tugas sebagai pemasok air dari reservoir ke dalam saluran pipa. Ketiga jenis pompa tersebut adalah Electric Pump, Diesel Pump dan Jockey Pump.  Artikel ini akan membahas secara singkat mengenai Jockey pump dan fungsinya dalam sistem fire hydrant dan fire […]

Read More
Juni 21, 2021
Penggunaan Gate Valve Pada Sistem Hydrant

Apa itu Gate Valve Secara umum, Gate Valve merupakan salah satu jenis valve/katup yang dipakai dalam sistem pemipaan untuk menjalankan fungsi buka-tutup aliran fluida. Jenis valve atau katup ini hanya memiliki dua fungsi kontrol yakni mengisolasi fluida dan meneruskan fluida. Gate Valve tidak menjalankan fungsi lain seperti mengatur volume air dan tekanan air sehingga ketika […]

Read More
Juni 5, 2021
Hydrant Pillar: Komponen Penting dari Sistem Fire Hydrant

Dalam sistem fire hydrant tersebut ada komponen utama yang wajib untuk dimilikinya. Komponen tersebut dikenal sebagai hydrant pillar. Hydrant Pillar adalah

Read More
Juni 2, 2021
Kegunaan Dan Jenis-jenis Fire Hydrant Box

Fire Hydrant Box dikenal sebagai alat berbentuk box yang ditujukan untuk menyimpan beragam jenis peralatan untuk proses memadamkan kebakaran.

Read More
PT. Mitra Jaya Sarana adalah penyedia peralatan Fire Safety dan Fire Fighting Sistem di Indonesia dengan brand "Quickfire". Meneydiakan  kebutuhan peralatan Fire Hydrant, Fire Extinguisher, Fire Alarm dan Fire Sprinkler.
2021 by PT. Mitra Jaya Sarana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram