Mengenal dan Mengetahui Sistem Fire Hydrants

Published On 
Juni 2, 2021

Seluruh tatanan perkotaan sudah pasti memerlukan sistem fire hydrants. Air yang dipompa keluar memiliki tekanan yang tinggi, sehingga bisa mengalir dengan lebih cepat dalam selang pemadam kebakaran. Fire hydrants sistem yang sering ditemui di gedung-gedung yang cukup besar seperti mall, perkantoran ,pabrik, dan lain sebagainya.

sistem fire hydrants

Komponen Sistem Fire Hydrant

Mungkin yang diketahui oleh masyarakat luas fire hydrants itu berupa alat yang digunakan untuk menyemburkan air dengan tekanan yang sangat kuat dan system ini juga berjalan secara manual artinya digerakkan secara manual oleh orang tidak berfungsi secara otomatis.

Walaupun beberapa komponen sudah di setting atau diatur secara otomatis atau pun manual. Dan tekanan air pada hydrant ini juga harus diatur pada control panelnya, tidak bisa secara manual.

Nah Sistem fire hydrants memiliki beberapa komponen-komponen yaitu Hydrant Pillar, reservoir, pompa, jaringan pipa hisap, pipa distribusi dan beberapa komponen output lainnya.

Nah kenapa sih gedung-gedung besar sudah memiliki APAR atau fire extinguisher tetapi harus mempunyai Sistem fire hydrants juga? Nah Sistem fire hydrants ini membantu memadamkan skala api yang cukup besar dan bekerja lebih efisien dan maksimal untuk memadamkan api-api tersebut.

Lihat Produk Kami: Fire Hydrants Equipment Quickfire dari PT. Mitra Jaya Sarana

Cara Kerja SIstem Fire Hydrant

Dikutip dari website kontraktor mekanikal elektrikal, pengertian sistem pemadam kebakaran hydrant adalah segala jenis sistem atau peralatan pencegahan kebakaran dengan mengandalkan air bertekanan besar. Bukan hanya dalam bentuk pilar di pinggir jalan, tetapi hydrant juga bisa dipasang di dalam gedung.

Jika sprinkler adalah salah satu contoh sistem pemadam kebakaran otomatis yang bisa langsung menyiramkan air bertekanan kecil hingga sedang ketika terdeteksi kebakaran, hydrant ini justru kebalikannya. Ketika terjadi kebakaran, selang hydrant harus diangkut dan diarahkan ke api secara manual.

Bahkan memadamkan api dengan hydrant tidak bisa dilakukan oleh satu orang. Sebab berdasarkan situs Reference.com, berat selang hydrant bisa mencapai 500 pound atau sekitar 220 kilogram.

Selain itu, tekanan air yang keluar dari ujung selang hydrant juga sangat kuat. Itulah mengapa instalasi sistem pemadam kebakaran hydrant dibuat khusus untuk memadamkan kebakaran berskala besar yang sudah tidak bisa dimatikan oleh sprinkler di dalam gedung.

Meskipun begitu, saat ini fire hydrant dianggap sebagai alat proteksi kebakaran yang paling efektif dan sangat dibutuhkan jika dibandingkan dengan sistem proteksi api otomatis. Sebab walaupun hanya bisa digunakan oleh profesional, namun debit air dari reservoir yang dikeluarkan jauh lebih banyak serta jarak yang bisa dijangkau juga lebih luas.

Sistem Fire Hydrants

Dalam system Fire hydrants juga memiliki tiga jenis pompa yang bekerja secara bersamaan yaitu diesel pump, jockey dan electric. Ketiga pompa tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Jadi tugas dari diesel pump dan electric ini sama-sama memompakan air dari reservoir nya ke jaringan hydrant. Dan si jockey ini memiliki peran penting juga, ia harus mengatur stabilitas tekanan air yang dikirimkan ke jaringan distribusi. Ini bertujuan agar tekanan air tidak merusah jaringan distribusi hydrant.

Ketika air sudah mencapai ke hydrant pillar, maka petugas pemadam kebaran biasanya akan mengambil aksesoris di hydrant box yang biasanya letaknya tidak jauh pada pillar hydrant. Biasannya hydrant box ini terdapat beberapa aksesori yakni nozzle, fire hose, hose rack dan valve.

Aksesoris dari hydrant box ini lah yang membantu petugas pemadam kebakaran untuk mengalirkan air ke lokasi atau tempat terjadinya kebakaran.

Pentingnya Perawatan Fire Hydrants System

Yang sering kita lihat adalah hydrant box dan hydrant pillar. Kerusakan pada hydrant box adalah kerusakan pada hosenya dan juga pada valve nya. Hose dapat bocor dan valve yang tidak bisa digunakan atau sering kali loss sehigga tidak bisa digunakan.

Kemudian untuk hydrant pillarnya juga kerap sering ditemukan sering terjadinya kebocoran dan bsa berakibat kekurangan air pada reservoir. Dan selain kedua itu komponen lain seperti pompa hydrant dan control panel harus di cek secara berkala oleh pihak teknisi atau orang yang memiliki keahlian untuk mengecek atau memiliki pengetahuan untuk hydrant pump atau pompa hydrant tersebut.

hydrant-equipments

Beli Komponen Sistem Fire Hydrants di PT Mitra Jaya Sarana

Pencegahan dan penangan terhadap kebakaran memerlukan fire hydrants Equipment berkualitas, karena itu akan berhubungan dengan tingkat kerugian dan nyawa orang yang berada di dalam gedung maupun di sekitarnya. Bahkan hydrant yang berkualitas memiliki usia pemakaian yang sangat lama yakni sampai dengan 100 tahun.

Kami menyediakan fire hydrants berkualitas dengan merek Quickfire, yang bisa anda beli di PT Mitra Jaya Sarana. Apabila Anda berminat membeli, maka bisa mencoba untuk mengakses website kami melalui URL https://www.mjs-quickfire.com/. Kami sudah berkecimpung dalam dunia perdagangan berbagai macam alat pemadam kebakaran selama 15 tahun, termasuk hydrant.

Kami juga memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (PDK) yang mana tidak sembarangan perusahaan penjual peralatan pemadam kebakaran mampu memilikinya. Harga yang kami tawarkan juga cukup bersaing dengan perusahaan serupa. Bisa dikatakan bahwa hydrant yang kami jual memiliki harga yang paling terjangkau.

Sudah tahu bukan cari kerja dan komponen pada fire hydrants dan juga komponen pentingnya? Tentunya saya berharap informasi tentang pengetahuan tentang fire hydrant ini bisa menjadi sumber edukasi untuk anda atau calon pengguna dan tentunya berguna bagi orang yang membutuhkan informasi ini.

Jangan lupa percayakan proteksi kebakaran kepada Ahlinya. Silahkan Hubungi kami.Bila anda membutuhkan bantuan untuk Mengupgrade System anda atau kesulitan menentukan apa saja yang anda butuhkan untuk kebutuhan sistem fire hidran anda.

Artikel Lainnya
Juni 24, 2021
Mengenal Diesel Fire Pump dan Cara Kerjanya

Pemompaan pada instalasi fire fighting (hydrant dan sprinkle)  tidak boleh tidak mesti memiliki pompa cadangan yang mendukung fungsi pompa utama. Oleh karena itu kesertaan Diesel Fire Pump tidak kalah penting dengan Electric Fire Pump dan Jockey Pump dalam satu sistem. Apa itu Diesel Fire Pump Penyebutan Diesel Fire Pump berlaku untuk jenis pompa diesel yang […]

Read More
Juni 23, 2021
Electric Fire Pump Pada Sistem Pemadam Kebakaran

Electric Fire Pump memiliki kedudukan penting sebagai pemasok air pada sistem hydrant dan sistem sprinkler fire protection. Dengan didukung oleh Jockey Pump dan Diesel Fire Pump, pompa elektrik memungkinkan pipa menyalurkan air menuju titik bukaan hydrant atau nozzle. Apa Itu Electric Fire Pump Pompa Elektrik atau Electric Fire Pump merupakan pompa utama di dalam sistem […]

Read More
Juni 22, 2021
Jockey Pump Pada Sistem Fire Hydrant dan Fire Sprinkler

Dalam sistem hydrant dan sistem sprinkle, terdapat 3 jenis pompa yang saling berkaitan fungsinya dalam menjalankan tugas sebagai pemasok air dari reservoir ke dalam saluran pipa. Ketiga jenis pompa tersebut adalah Electric Pump, Diesel Pump dan Jockey Pump.  Artikel ini akan membahas secara singkat mengenai Jockey pump dan fungsinya dalam sistem fire hydrant dan fire […]

Read More
Juni 21, 2021
Penggunaan Gate Valve Pada Sistem Hydrant

Apa itu Gate Valve Secara umum, Gate Valve merupakan salah satu jenis valve/katup yang dipakai dalam sistem pemipaan untuk menjalankan fungsi buka-tutup aliran fluida. Jenis valve atau katup ini hanya memiliki dua fungsi kontrol yakni mengisolasi fluida dan meneruskan fluida. Gate Valve tidak menjalankan fungsi lain seperti mengatur volume air dan tekanan air sehingga ketika […]

Read More
Juni 5, 2021
Hydrant Pillar: Komponen Penting dari Sistem Fire Hydrant

Dalam sistem fire hydrant tersebut ada komponen utama yang wajib untuk dimilikinya. Komponen tersebut dikenal sebagai hydrant pillar. Hydrant Pillar adalah

Read More
Juni 2, 2021
Kegunaan Dan Jenis-jenis Fire Hydrant Box

Fire Hydrant Box dikenal sebagai alat berbentuk box yang ditujukan untuk menyimpan beragam jenis peralatan untuk proses memadamkan kebakaran.

Read More
PT. Mitra Jaya Sarana adalah penyedia peralatan Fire Safety dan Fire Fighting Sistem di Indonesia dengan brand "Quickfire". Meneydiakan  kebutuhan peralatan Fire Hydrant, Fire Extinguisher, Fire Alarm dan Fire Sprinkler.
2021 by PT. Mitra Jaya Sarana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram