Mengenal dan Tips Memilih Fire Hydrants

Diperbarui: 4 hari yang lalu

Seluruh tatanan perkotaan sudah pasti memerlukan sistem fire hydrants. Perlengkapan yang satu itu bisa membantu untuk membersihkan jalan-jalan perkotaan dan bisa diakses dengan cepat untuk memerangi kebakaran. Air yang dipompa keluar memiliki tekanan yang tinggi, sehingga bisa mengalir dengan lebih cepat dalam selang pemadam kebakaran.


Fire hydrants yang sering ditemui di gedung-gedung yang cukup besar seperti mall, perkantoran ,pabrik, dan lain sebagainya. Meskipun sudah diketahui oleh masyarakat luas fire hydrants ini , tetapi masih banyak yang masih belum mengetahui arti atau definisi dari fire hydrants tersebut.


Hal ini dikarenakan supaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran maka, calon pengguna atau pun anda bisa memanfaatkan alat proteksi kebakaran tersebut dengan baik dan benar.



Komponen Fire Hydrants


Mungkin yang diketahui oleh masyarakat luas fire hydrants itu berupa alat yang digunakan untuk menyemburkan air dengan tekanan yang sangat kuat dan system ini juga berjalan secara manual artinya digerakkan secara manual oleh orang tidak berfungsi secara otomatis.


Walaupun beberapa komponen sudah di setting atau diatur secara otomatis atau pun manual. Dan tekanan air pada hydrant ini juga harus diatur pada control panelnya, tidak bisa secara manual.


Nah fire hydrants memiliki beberapa komponen-komponen yaitu reservoir, pompa, jaringan pipa hisap, pipa distribusi dan beberapa komponen output lainnya.


Nah kenapa sih gedung-gedung besar sudah memiliki APAR atau fire extinguisher tetapi harus mempunyai Sistem fire hydrants juga? Nah Sistem fire hydrants ini membantu memadamkan skala api yang cukup besar dan bekerja lebih efisien dan maksimal untuk memadamkan api-api tersebut.


baca juga: 4 jenis fire extinguisher atau alat pemadam api ringan


Dari mana cadangan air yang didapatkan jika kita berada tidak di dekat aliran air sungai atau dan sebagainya? Ini pasti menjadi pertanyaan orang, darimana sih sumber airnya?


Nah ada salah satu komponen dari fire hydrants yang disebut reservoir. Reservoir ini berguna untuk menampung air dan petugas pemadam kebaran tidak perlu jauh-jauh untuk mencari sumber air tersebut.


Karena fire hydrants ini membutuhkan air yang banyak dan bisa menembakkan air sekitar 8000-9000 liter per menitnya. Setelah itu untuk memastikan air dari reservoit terhubung ke pillar maka ada komponen lalu ada pompa yang gunanya akan memompa air ke jaringan hydrant.


Macam Macam Tipe Fire Hydrants


1. Wet Barrel Hydrants

Wet barrel hydrants memiliki umur operasional sampai dengan 100 tahun. Hydrants ini ditanam sampai ke bagian bawah dan memiliki katup utama yang mampu mencegah ada banyak partikel pengotor air masuk ke dalam aliran air yang tersimpan. Pipa bagian luar mudah diakses, sehingga pemadam kebakaran dapat menambahkan banyak selang tanpa air didalamnya mengalami penurunan tekanan.


Hydrant jenis ini cocok dipasang pada jalan-jalan yang ada di negara empat musim. Instalasi pemipaan bawah tanah membantu menghindarkan terjadinya pembekuan pada saat musim salju. Beberapa negara tropis juga ada yang memanfaatkan jenis hydrant ini.


2. Dry Barrel Hydrant


Hydrant yang satu ini memiliki katup utama yang terletak di bagian dasar hidran. Pemipaan air berada di bawah tanah, sehingga tetap terhindar dari terjadinya pembekuan aliran air saat digunakan. Pada saat pemadam kebakaran menggunakannya, maka bagian laras akan mengalami peningkatan tekanan untuk mengisi air.


Selanjutnya air akan dipompa oleh pemadam kebakaran menuju ke selang yang terpasang pada hydrant. Ketika kebakaran sudah berhasil dipadamkan, maka seluruh air dalam laras akan terkuras. Tidak ada air yang tertinggal di dalam hydrant, sehingga ia disebut dengan dry barrel hydrants. Hal ini juga mencegah terjadinya pembekuan saluran air pada tempat yang memiliki suhu dingin maupun musim salju.


Dry barrel hydrant sendiri juga memiliki beberapa jenis yakni slide gate, toggle, dan kompresi. Pada jenis slide gate alias katup geser, terdapat batang yang bisa diulir mengangkat ke atas guna mengontrol katup utama. Pada jenis toggle, terdapat batang vertikal yang memiliki dua lengan yang dapat diputar guna membuka katup utamanya yang berada di dasar hydrant.


Orang yang bertugas merancang tata letak alat pemadam kebakaran perlu mengetahui bahwa ada banyak jenisnya, seperti wet barrel dan dry barrel. Masing-masing memiliki struktur yang berbeda. Berdasarkan perbedaan struktur tersebut, alat tersebut bekerja dengan cara yang berbeda. Setiap perbedaan tersebut dapat Anda ketahui berikut ini.


Sedangkan jenis yang terakhir adalah hydrant kompresi yang mana memiliki laras yang bekerja mirip piston. Laras tersebut akan bekerja mendekat dan menjauh dengan gerakan menutup maupun membuka bagian katup utamanya. Perbedaan jenis dry barrel hydrant tersebut dirancang dan diproduksi dengan menyesuaikan keperluan pada masing-masing kota.



Kode Warna Fire Hydrants


Warna pada bagian tutup nosel terdapat warna yang mengindikasikan tekanan aliran air yang dipompa keluar hydrants. Apabila kamu melihat nosel dengan warna biru itu menunjukkan adanya aliran air yang tertinggi. Aliran air yang dipompa keluar sekitar 95 liter setiap detiknya.


Sedangkan nosel berwarna hijau memiliki tekanan yang kedua tertinggi dan mampu memompa air keluar sebanyak 63 sampai 95 liter setiap detiknya.


Warna nosel yang lainnya adalah oranye dan hydrant tersebut dapat memompa air keluar sebanyak 31 sampai 63 liter per detik.


Kemudian warna hydrant yang terakhir adalah merah yang mana mampu mengeluarkan air sampai dengan 31 liter per detik dan kadang kala bisa mengeluarkan air dengan volume kurang dari 31 liter setiap detik.


Pada daerah perkotaan, hydrant yang terpasang bisa bermacam-macam dan tak jarang Anda bisa saja menemukan adanya hydrant dengan tekanan tertinggi. Hal tersebut bisa mungkin terjadi, karena sistem pemipaan pada daerah perkotaan biasanya sudah lebih tertata rapi dan terstruktur dengan baik.


Sebagian besar hydrant yang berada di daerah pinggiran kota atau pedesaan biasanya berwarna merah. Hydrant merah lebih sering digunakan, karena sistem pemipaan sebagian besar berukuran kecil, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan instalasi berupa hydrant berwarna biru.


Sistem Fire Hydrants


Dalam system Fire hydrants juga memiliki tiga jenis pompa yang bekerja secara bersamaan yaitu diesel pump, jockey dan electric. Ketiga pompa tersebut memiliki fungusi yang berbeda-beda.


Jadi tugas dari diesel pump dan electric ini sama-sama memompakan air dari reservoir nya ke jaringan hydrant. Dan si jockey ini memiliki peran penting juga, ia harus mengatur stabilitas tekanan air yang dikirimkan ke jaringan distribusi. Ini bertujuan agar tekanan air tidak merusah jaringan distribusi hydrant.


Ketika air sudah mencapai ke hydrant pillar, maka petugas pemadam kebaran biasanya akan mengambil aksesoris di hydrant box yang biasanya letaknya tidak jauh pada pillar hydrant. Biasannya hydrant box ini terdapat beberapa aksesori yakni nozzle, fire hose, hose rack dan valve.


Aksesoris dari hydrant box ini lah yang membantu petugas pemadam kebakaran untuk mengalirkan air ke lokasi atau tempat terjadinya kebakaran.


Cek disini : Fire Hydrant System yang disediakan oleh PT. Mitra Jaya Sarana


Pentingnya Perawatan Fire Hydrants System


Yang sering kita lihat adalah hydrant box dan hydrant pillar. Kerusakan pada hydrant box adalah kerusakan pada hosenya dan juga pada valve nya. Hose dapat bocor dan valve yang tidak bisa digunakan atau sering kali loss sehigga tidak bisa digunakan.


Kemudian untuk hydrant pillarnya juga kerap sering ditemukan sering terjadinya kebocoran dan bsa berakibat kekurangan air pada reservoir. Dan selain kedua itu komponen lain seperti pompa hydrant dan control panel harus di cek secara berkala oleh pihak teknisi atau orang yang memiliki keahlian untuk mengecek atau memiliki pengetahuan untuk hydrant pump atau pompa hydrant tersebut.



Beli Fire Hydrants Terpercaya di PT Mitra Jaya Sarana


Pencegahan dan penangan terhadap kebakaran memerlukan fire hydrants berkualitas, karena itu akan berhubungan dengan tingkat kerugian dan nyawa orang yang berada di dalam gedung maupun di sekitarnya. Bahkan hydrant yang berkualitas memiliki usia pemakaian yang sangat lama yakni sampai dengan 100 tahun.


Kami menyediakan fire hydrants berkualitas dengan merek Quickfire, yang bisa anda beli di PT Mitra Jaya Sarana. Apabila Anda berminat membeli, maka bisa mencoba untuk mengakses website kami melalui URL https://www.mjs-quickfire.com/. Kami sudah berkecimpung dalam dunia perdagangan berbagai macam alat pemadam kebakaran selama 14 tahun, termasuk hydrant.


Kami juga memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (PDK) yang mana tidak sembarangan perusahaan penjual peralatan pemadam kebakaran mampu memilikinya. Harga yang kami tawarkan juga cukup bersaing dengan perusahaan serupa. Bisa dikatakan bahwa hydrant yang kami jual memiliki harga yang paling terjangkau.


Sudah tahu bukan cari kerja dan komponen pada fire hydrants dan juga komponen pentingnya? Tentunya saya berharap informasi tetntang pengetahuan tentang fire hydrant ini bisa menjadi sumber edukasi untuk anda atau calon pengguna dan tentunya berguna bagi orang yang membutuhkan informasi ini.


Jangan lupa percayakan proteksi kebakaran kepada Ahlinya. Silahkan Hubungi kami.

Bila anda membutuhkan bantuan untuk Mengupgrade System anda atau kesulitan menentukan apa saja yang anda butuhkan untuk System ME anda, anda dapat berkonsultasi dengan Kontraktor ME kami.



33 tampilan

PT. Mitra Jaya Sarana

Pusat Bisnis Daan Mogot Baru Blok KJE,

Jalan Tampak Siring No. 12A, Kalideres

Jakarta Barat, DKI Jakarta, 11840

Indonesia

ABOUT

  • whatsapp mitra jaya sarana
  • YouTube mitra jaya sarana
  • LinkedIn mitra jaya sarana

© 2020 by PT. Mitra Jaya Sarana