Mengenal Fire Alarm Systems

Fire alarm sytem atau sering disebut alarm pendeteksi api otomatis yang diukur berdasarkan perbedaan yang terjadi pada lingkungan sekitar yang berkaitan dengan kebakaran.


Perubahan pada lingkungan ini yang bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran dan sistem ini akan berasumsi bahwa terlah terjadinya hal yang buruk yang disebabkan oleh api.


Perubahan-perubahan yang terjadi pun biasanya berupa munculnya api pada lingkungan sekitar, munculnya asap pada sekitar lingkungan dan peningkatan suhu panas yang tidak biasa atau panas yang tinggi.



Jadi setiap fire alarm system ini pasti sudah dilengkapi dengan sensor atau detector untuk api, asap dan suhu. Dengan memiliki tiga detector tersebut maka akan dipastikan bahwa fire alarm system ini lebih terjamin proteksi keamanan kebakarannya.


Jika api tidak terdeteksi oleh detector api, maka bisa dideteksi dengan detector asap atau bahkan detector suhu panas.


baca juga : Kelas atau tipe kebakaran, kenali agar penanganan tepat


Tipe Fire Alarm System


Fire alarm system juga memiliki 2 macam tipe yaitu alarm system konvensional dan fire alarm system addressable.


Fire alarm konvensional ini biasanya dipakai di gedung yang tidak terlalu besar sedangkan fire alarm system addressable ini dipakai di gedung-gedung yang cukup besar karena sistemnya yang sudah menggunakan kode digital yang gunanya dimana dapat mendeteksi jika terjadi di suatau bagian dalam gedung yang besar tersebut.


Nah biasanya fire alarm system addressable ini hanya terhubung pada satu panel alarm saja loh yang dimana bisa kita temukan panel alarm tersebut di ruang control. Sebaliknya pada pada fire alarm system konvensional ini membutuhkan panel alarm yang tersendiri ini dikarenakan penggunaannya yang sangat terbatas apabila di pakai di gedung-gedung yang cukup besar.


Pada bangunan yang cukup besar biasanya detektor api, suhu dan asap ini hanya terhubung ke satu panel saja atau panel alarm utama nya.


baca juga: Mengenal apa itu Fire Hydrants System


Smoke Alarm, Heat alarm, Rise of Heat Detector


Penggunaan detector atau sensor ini juga sangat bermanfaat , tetapi tidak semua bisa detector atau sensor bisa dipakai di semua ruangan karena harus di perhatikan karakter dari ruangan tersebut.


Jadi memasang detector atau sensor harus dipasang dan di rencanakan oleh ahlinya. Contoh nya adalah sensor atau detector asap tidak bisa dipakai pada ruangan dapur.


Loh kenapa sih sensor asap tidak bisa dipakai di ruangan dapur kan bisa memadamkan api? Betul sekali tetapi dapur itu akan menghasilkan asap yang sangat banyak dan itu akan mengaktifkan fire alarm system tersebut dan tentunya anda tidak mau kan pelanggan restoran atau di hotel-hotel pada kabur semua karena para staff sedang masak di dapur.



Nah jadi pemasangan detector atau sensor ini harus diperhatikan juga dan tidak seenaknya dipasang secara suka-suka. Di sisi lain, kalau seandainya anda mempunyai ruangan yang berhawa panas, bagaimana ya?


Apakah sensor panas akan mendeteksinya? Jawabannya tentu sensor tersebut akan mendeteksinya , karena ruangan tersebut memiliki hawa yang panas dan tidak biasanya.


Detektor apa sih yang bagus untuk ruangan tersebut? Detektor asap yang sangat pas unutk kondisi seperti ini ya jadi dengan adanya asap maka sensor akan mengaktifkan fire alarm system tersebut.


Jika sudah mengetahui sensor tersebut bisa kah kita mengoperasikan fire alarm system secara manual?


baca juga : 4 jenis alat pemadam api Ringan / Fire extinguisher


Komponen Fire Alarm System


Tentu saja bisa,salah satu komponen dari fire alarm system ini ada yang bernama manual call point yang dimana komponen ini terdapat sebuah kaca yang jika dipecahkan bagian tengahnya itu bisa mengaktifkan sirine atau alarm kebakaran sebagai tanda terjadinya kebakaran dan biasanya memiliki ketentuan untuk tingginya sekitar 1.4 meter dari tiap lantai.

Ini dibuat untuk memudahan kita dapat meraihnya dalam keadaan apapun. Biasanya terletak berkdekatan dengan pintu keluar darurat atau emergency exit.


Komponen selanjutnya yang cukup penting adalah fire bell. Fire bell ini berfungsi sebagai pengingat yang berdering seperti jam beker dan sangat dering sekali sehingga bisa di dengar oleh banyak orang, bahkan yang jauh sekalipun pada saat kebakaran terjadi.


Komponen terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah lampu indicator atau indicator lamp yang memiliki 2 fungsi sekaligus.


Fungsi pada indicator lamp ini adalah sebagai penanda telah terjadinya kebakaran dann fungsi yang kedua adalah sebagai penanda untuk fire alarm system yang menandakan fire alarm system tersebut sudah aktif.

Kesimpulan


Dari penjelasan diatas mengenai fire alarm system tentu saja sangat berbeda dengan sistem pemadam kebakaran yang lainnya.


Sistem ini juga dibuat untuk berdiri secara mandiri. Yang lebih mengagetkan lagi adalah fire alarm system ini bukan alat pemadam kebakaran. Kenapa sih ini bukan merupakan alat pemadam kebakaran? Dan ini kan juga dipakai saat terjadinya kebakaran?


Jawaban dari pertanyan diatas adalah memang betul fire alarm system digunakan saat terjadinya kebakaran dan bukan merupakan alat pemadam kebakaran dikarenakan fire alarm system ini tugasnya hanya untuk menginformasikan kepada semua orang yang disekitar atau yang berada pada gedung tersebut untuk segera mengevakuasi diri dan mengosongkan bangunan tersebut.





Dan fire alarm system ini wajib dimiliki di tempat-tempat umum seperti mall, rumah sakit, bank, dan lain sebagainya. Dengan adanya pengertian tersebut saya berharap masyarakat luas lebih mengetahui mengenai arti dari fire alarm system tersebut.


PT Mitra Jaya Sarana


Kami di PT Mitra Jaya Sarana sudah berkecimpung di dalam Fire Safety Equipments selama lebih dari 14 tahun, kami menyediakan aneka produk yang dapat membantu anda memastikan keamanan aset anda.


Silahkan langsung hubungi kami atau dapat langsung datang ke kantor kami apabila anda memerlukan bantuan. Kami juga menyediakan Refill tabung Fire Extinguisher untuk anda, silahkan bergabung menjadi member kami untuk mendapatkan potongan harga khusus refill tabung fire extinguisher anda.

2 tampilan

Hubungi Kami

  • whatsapp logo
  • YouTube

PT. Mitra Jaya Sarana

Ruko Daan Mogot Baru Blok KJE,

Jl. Tampak Siring No. 12A, Kalideres

Jakarta Barat, DKI Jakarta

Indonesia

© 2020 by PT. Mitra Jaya Sarana