Mengenal Lebih Lanjut Branch Control Valve

Published On 
Juni 20, 2021

Di dalam instalasi sistem sprinkle, keberadaan Branch Control Valve sangat penting. Perangkat ini menjadi satu dari 3 komponen penting sprinkler di samping Head Sprinkler dan Alarm Check Valve. 

Apa itu Branch Control Valve

BCV atau Branch Control Valve merupakan suatu instrumen/perangkat pada pemipaan sistem sprinkle yang berkaitan dengan proses kontrol aliran air atau fluida. Perangkat ini terdiri atas beberapa komponen yang memiliki fungsi masing-masing dan membentuk satu kesatuan kontrol katup pengairan. 

branch control valve

Fungsi Branch Control Valve

Secara umum, fungsi dari BCV adalah sebagai kontrol terhadap aliran air yang akan keluar dari sprinkle ketika sistem tersebut bekerja dalam proses fire protection. Dalam bahasa yang sederhana, BCV mengontrol katup air saat pipa mengalirkan aliran air dengan cara membuka-menutup, mengecilkan-membesarkan. 

Jenis kontrol yang dilakukan oleh BCV meliputi:

  • Pressure Control Valve (PCV) = kontrol terhadap tekanan fluida/air
  • Temperatur Control Valve (TCV) = kontrol terhadap temperarut air
  • Flow Control Valve (FCV) = kontrol terhadap aliran air dalam pipa
  • Level Control Valve (LCV) = kontrol terhadap level air
  • Isolation Control Valve (XV) = mengisolasi aliran
  • High Pressure Control Valve (XCV) =melakukan kontrol pada tekanan yang lebih tinggi.

Cara kerja BCV pada sistem sprinkler:

Branch Control Valve mulai bekerja ketika variabel di dalam sistem sprinkle menunjukan bahwa ada perubahan suhu atau timbulnya titik api di sekitar. Dalam hal ini, BCV akan mengolah informasi secara otomatis kemudian mempengaruhi katup untuk bergerak. Jadi, setelah menerima sinyal aktif sprinkle, BCV dan komponennya mulai bekerja dalam mengatur keseluruhan air di dalam pipa.

Komponen Branch Control Valve dan fungsinya masing-masing

Dalam menjalankan fungsi kontrol, BCV memiliki 3 komponen penting pendukungnya. Komponen BCV mencakup:

  1. Butterfly Valve

Merupakan sebuah jenis katup (katup kupu-kupu) yang berfungsi dalam pengaturan aliran air seperti memulai aliran, mengatur jumlah aliran, dan menutup pengairan. Katup butterfly berada di tengah pipa dan berbentuk lempengan. Dalam posisi ini, katup kupu-kupu terletak vertikal dari aliran air. Ketika bergerak bergerak, maka air yang sebelumnya terisolasi akan keluar dari pembukaan katup. Besar-kecilnya aliran air tergantung dari persentase pembukaan katup. 

  1. Flow Switch

Merupakan komponen dalam BCV yang bekerja dengan memberi peringatan evakuasi. Jadi, Flow switch bertanggung jawab terhadap alarm kebakaran. Ketika ada aliran air yang bergerak di dalam sprinkler maka perangkat ini akan memberikan tanda peringatan. Fungsi flow Switch adalah:

  • Memberikan peringatan evakuasi 
  • Memberikan tanda mengenai titik api terhadap petugas kebakaran

Cara kerjanya: saat variabel sprinkler pecah dan aliran air mulai bergerak di dalam pipa, Flow Switch akan aktif setelah disentuh oleh paddle yang bergerak menyamping setelah air mengalir. Selama aliran air masih bergerak di dalam pipa, flow switch tetap aktif dengan jeda waktu tertentu hingga aliran air terhenti dan paddle kembali ke tempat semua.

  1. Test and Drain valve

Merupakan perangkat kontrol yang memiliki fungsi untuk:

  • Uji coba sistem sprinkle. Dalam hal ini, Test and Drain bisa melakukan simulasi saat sprinkle pecah apakah keseluruhan sistem sprinkle berfungsi. Dengan melakukan simulasi maka keseluruhan sistem bisa dideteksi fungsinya seperti flow switch berbunyi atau tidak, pipa mengalirkan air atau tidak dsb.
  • Menurunkan tekanan di akhir sistem. Setelah sprinkler pecah dan menyemburkan air, salah satu katup dalam Test and Drain akan meluncurkan ‘pilot’ ke mulut sprinkler yang kemudian menurunkan tekanan air. Informasi penurunan tekanan air akan sampai kepada kontroler dan dari sana flow Switch akan menangkap pertanda bahwa kebakaran telah berakhir sehingga perangkat ini akan berhenti membunyikan alarm.

Komponen lain pendukung kerja BCV adalah sight glass dan pressure gauge. Sight glass merupakan pengukur level fluida. Pressure Gauge dalam Sistem sprinkler berfungsi untuk mengukur tekanan fluida dalam pipa.

Branch Control Valve harus diinstal dengan baik dan diuji sistemnya secara berkala untuk menghindari error ketika sprinkle dibutuhkan untuk beroperasi dalam kebakaran. 

Jika Anda membutuhkan branch control valve yang berkualitas, jangan ragu untuk mengunjungi website PT. Mitra Jaya Sarana dan dapatkan branch control valve sesuai kebutuhan Anda.

Artikel Lainnya
Juni 20, 2021
Mengenal Lebih Lanjut Branch Control Valve

Di dalam instalasi sistem sprinkle, keberadaan Branch Control Valve sangat penting. Perangkat ini menjadi satu dari 3 komponen penting sprinkler di samping Head Sprinkler dan Alarm Check Valve.  Apa itu Branch Control Valve BCV atau Branch Control Valve merupakan suatu instrumen/perangkat pada pemipaan sistem sprinkle yang berkaitan dengan proses kontrol aliran air atau fluida. Perangkat […]

Read More
Juni 17, 2021
Mengenal Apa itu Main Control Valve (MCV)

Apa Itu Main Control Valve Main Control Valve atau MCV merupakan salah satu perangkat pada alat pemadam kebakaran yang berfungsi untuk mengontrol kinerja saluran air dalam instalasi baik sistem hydrant maupun sistem sprinkler. Di dalam sistem Valve terdapat istilah teknis yang disebut sebagai variabel proses. Cakupan pada variabel proses meliputi tekanan, level, aliran, temperatur dan […]

Read More
Juni 2, 2021
Jenis dan Cara Kerja Sistem Pemadam Kebakaran Gedung

Memiliki sistem pemadam kebakaran gedung terbaik merupakan sebuah standar penting dalam meningkatkan keamanan dan perlindungan sebuah bangunan.

Read More
Juni 2, 2021
5 Jenis Sprinkler System dan Prinsip Kerjanya.

Fire Sprinkler System adalah alat yang dipasang di gedung yang memiliki system instalasi pemadam kebakaran. Lihat jenis dan prinsip kerjanya

Read More
PT. Mitra Jaya Sarana adalah penyedia peralatan Fire Safety dan Fire Fighting Sistem di Indonesia dengan brand "Quickfire". Meneydiakan  kebutuhan peralatan Fire Hydrant, Fire Extinguisher, Fire Alarm dan Fire Sprinkler.
2021 by PT. Mitra Jaya Sarana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram