Kegunaan Dan Jenis-jenis Fire Hydrant Box

Published On 
Juni 2, 2021
Hydrant Box

Fire hydrant box dikenal sebagai alat berbentuk box yang ditujukan untuk menyimpan beragam jenis peralatan untuk proses memadamkan kebakaran. Jika dilihat dari segi pembuatannya, jenis box yang satu ini umumnya dibuat secara khusus oleh mereka yang bergerak di bidang fire hydrant equipment.

Sementara itu, jika dilihat dari fungsi utama yang dimilikinya, box ini ditujukan agar penyimpanan peralatan pemadam kebakaran dapat terjaga dengan lebih aman dan rapi. Dengan demikian, ketika terjadi kebakaran, maka setiap bentuk peralatan yang dibutuhkan pun dapat ditemukan dengan lebih mudah.

Dengan adanya box tersebut, tentunya ketika terjadi kebakaran pun, Anda tidak perlu bingung untuk melakukan apa dan bagaimana. Karena setiap hal yang dibutuhkan untuk memadamkan api dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu, kebaradaan box ini juga sangat membantu tim atau regu pemadam kebakaran yang dapat melakukan tugasnya dengan segera. Pasalnya area penyimpanan peralatan dapat ditemukan dengan mudah dan juga berada dalam posisi siap untuk digunakan.

Kegunaan serta jenis fire hydrant box

Berbicara mengenai kegunaan serta jenis-jenis box tersebut tentunya tidak lepas dari pembagian dasar berikut ini. Secara umum, box hydrant tersebut dapat dibagi menjadi dua bagian utama yaitu, box hydrant indoor dan juga box hydrant outdoor. Dari kedua pembagian tersebut, masing-masing box hydrant hadir dengan pembagian yang berbeda.

Seperti halnya box hydrant indoor yang terbagi menjadi beberapa tipe, dimulai dari tipe A1, tipe A2, juga tipe B. Sedangkan untuk hydrant box outdoor umumnya dikenal dengan tipe C. Setiap tipe box hydrant tersebut hadir dengan fungsi atau kegunaan masing-masing. Tentunya setiap kegunaan tersebut berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini umumnya disesuaikan dengan segi penempatan dan lainnya.

Sementara itu, untuk bagian finishing coating, umumnya setiap box hydrant menggunakan powder coating. Hal ini dilakukan agar cat yang digunakan olehnya dapat bertahan lebih lama dan juga tidak mudah terkelupas. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh terkait jenis serta kegunaan dari masing-masing box hydrant di bagian atas tadi, maka pastikanlah untuk menyimak uraian penjelasan berikut ini :

Tipe A1 (Indoor)

Hydrant box yang satu ini dikenal dengan ukurannya yang berada pada angka 66 l x 52 x 15 cm. Jika dilihat dari fungsi yang dimilikinya, box ini ditujukan untuk menyimpan beragam jenis perlengkapan dari fire hydrant equipment. Sementara itu, untuk penempatannya sendiri diletakkan di bagian dalam ruangan. Karena itulah box ini dikenal sebagai hydrant box indoor.

Sementara itu, untuk fire hydrant equipment yang dapat dimasukkan ke dalamnya itu dikenal dengan ukuran 15” x 20 meter, kemudian coupling machine yang ditujukan untuk penggunaan 1 pc dari hose nozzle berukuran 1,5”, serta 1 role dari fire hose dengan tipe PU.

Tipe A2 (Indoor)

Pada dasarnya tipe box yang satu ini tidak terlalu jauh berbeda dengan tipe A1 di bagian atas tadi. Hal ini berkaitan dengan penempatannya yang juga dilakukan di dalam ruangan. Namun perbedaan justru terletak pada segi ukuran yang mana box hydrant ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari box hydrant dengan tipe A1. Ukuran tersebut adalah 100 x 80 x 18 cm

Tipe B (Indoor)

Sama halnya dengan tipe indoor lainnya, box hydrant yang satu ini juga disimpan di bagain dalam ruangan. Dengan demikian penggunaannya pun ditujukan untuk proses pemadam kebakaran di dalam ruangan pula. Box hydrant ini hadir dengan ukuran 125 x 75 x 18 cm.

Namun selain perbedaan yang ditunjukkan dari segi ukuran, box ini juga hadir dengan keunikan tersendiri. Pasalnya ia disertai dengan adanya lubang khusus yang ditujukan untuk fire alarm set. Seperti halnya manual call point, alarm bell hingga indicator lamp.

Tipe C (outdoor)

Diantara semua tipe hydrant box lainnya, hanya tipe C yang dikenal sebagai penggunaan luar ruangan. Karena itulah ia pun lebih sering disebut sebagai fire hydrant box outdoor. Sementara itu, jika dilihat dari segi jangkauannya. Tentu saja hydrant box ini memiliki jangkauan yang lebih luas.

Sedangkan jika dilihat dari segi penggunaan bahan material tentunya box hydrant tersebut terbuat dari plat besi atau pun menggunakan carbon fiber. Hal ini dilakukan agar keberadaan box hydrant tersebut dapat bertahan jauh lebih lama dan juga tidak mudah terjadi korosi padanya. Selain itu, ia juga seringkali ditampilkan dengan warna mencolok dan terang agar keberadaannya dapat teridentifikasi dengan mudah.

Untuk itu, bagi Anda yang tengah melakukan pencarian dari fire hydrant box kini tidak perlu khawatir kembali. Pasalnya dengan mengunjungi situs MJS-quickfire.com, dan anda dapat melihat produk Hydrant Equipment kami. maka Anda pun dapat menemukan beragam box hydrant yang Anda ingin dan butuhkan dengan lebih mudah.

Artikel Lainnya
Juni 24, 2021
Mengenal Diesel Fire Pump dan Cara Kerjanya

Pemompaan pada instalasi fire fighting (hydrant dan sprinkle)  tidak boleh tidak mesti memiliki pompa cadangan yang mendukung fungsi pompa utama. Oleh karena itu kesertaan Diesel Fire Pump tidak kalah penting dengan Electric Fire Pump dan Jockey Pump dalam satu sistem. Apa itu Diesel Fire Pump Penyebutan Diesel Fire Pump berlaku untuk jenis pompa diesel yang […]

Read More
Juni 23, 2021
Electric Fire Pump Pada Sistem Pemadam Kebakaran

Electric Fire Pump memiliki kedudukan penting sebagai pemasok air pada sistem hydrant dan sistem sprinkler fire protection. Dengan didukung oleh Jockey Pump dan Diesel Fire Pump, pompa elektrik memungkinkan pipa menyalurkan air menuju titik bukaan hydrant atau nozzle. Apa Itu Electric Fire Pump Pompa Elektrik atau Electric Fire Pump merupakan pompa utama di dalam sistem […]

Read More
Juni 22, 2021
Jockey Pump Pada Sistem Fire Hydrant dan Fire Sprinkler

Dalam sistem hydrant dan sistem sprinkle, terdapat 3 jenis pompa yang saling berkaitan fungsinya dalam menjalankan tugas sebagai pemasok air dari reservoir ke dalam saluran pipa. Ketiga jenis pompa tersebut adalah Electric Pump, Diesel Pump dan Jockey Pump.  Artikel ini akan membahas secara singkat mengenai Jockey pump dan fungsinya dalam sistem fire hydrant dan fire […]

Read More
Juni 21, 2021
Penggunaan Gate Valve Pada Sistem Hydrant

Apa itu Gate Valve Secara umum, Gate Valve merupakan salah satu jenis valve/katup yang dipakai dalam sistem pemipaan untuk menjalankan fungsi buka-tutup aliran fluida. Jenis valve atau katup ini hanya memiliki dua fungsi kontrol yakni mengisolasi fluida dan meneruskan fluida. Gate Valve tidak menjalankan fungsi lain seperti mengatur volume air dan tekanan air sehingga ketika […]

Read More
Juni 5, 2021
Hydrant Pillar: Komponen Penting dari Sistem Fire Hydrant

Dalam sistem fire hydrant tersebut ada komponen utama yang wajib untuk dimilikinya. Komponen tersebut dikenal sebagai hydrant pillar. Hydrant Pillar adalah

Read More
Juni 2, 2021
Kegunaan Dan Jenis-jenis Fire Hydrant Box

Fire Hydrant Box dikenal sebagai alat berbentuk box yang ditujukan untuk menyimpan beragam jenis peralatan untuk proses memadamkan kebakaran.

Read More
PT. Mitra Jaya Sarana adalah penyedia peralatan Fire Safety dan Fire Fighting Sistem di Indonesia dengan brand "Quickfire". Meneydiakan  kebutuhan peralatan Fire Hydrant, Fire Extinguisher, Fire Alarm dan Fire Sprinkler.
2021 by PT. Mitra Jaya Sarana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram