10 Komponen APAR dan Fungsinya

Published On 
Juni 2, 2021

APAR adalah singkatan dari alat pemadam api ringan (Fire Extinguisher) adalah alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan titik api atau mengendalikan kebakaran kecil yang biasanya digunakan dalam kondisi darurat. Alat ini sudah diketahui oleh masyarakat luas, dan alat ini sudah merupakan komponen wajib yang disediakan untuk standar sebuah gedung atau bangunan.

Tabung pemadam kebakaran atau APAR yang sering kita temui ini pada umumnya berwarna merah terang dan pastinya juga terdapat instruksi yang jelas mengenai instruksi penggunaan APAR secara baik dan benar di sekitar tempat penempatannya.

Untuk media pemadam apinya sendiri, ada beberapa jenis dari dry chemical powder, co2, busa, dan Gas liquid CFC.

Baca juga: mengenal 4 jenis APAR

Selain itu diperlukan inspeksi apar rutin untuk memastikan isi tabung tersebut diisi setiap tahun. Silahkan Refill APAR anda dengan kami di PT. Mitra Jaya Sarana untuk memastikan APAR anda tetap berfungsi ketika akan dipakai.

10 Komponen Komponen pada APAR

komponen apar
image source: riverland.com.au

Lalu apa saja komponen komponen APAR? berikut bagian - bagian, fungsi dan kelengkapan APAR:

1. Tabung (Cylinder/Tube)

Tabung adalah bagian luar dari APAR, Tabung APAR (Tube) sendiri terbuat dari bahan baja paduan (mild steel) yang banyak diterapkan di dalam kimia, metalurgi dan mekanik.
Alasan penggunaan bahan ini adalah agar tahan terhadap bahan kimia serta tahan terhadap tekanan yang terukur. Tabungnya sendiri dibuat tanpa adanya las atau seamless. Tujuannya adalah untuk meminimalisir resiko kebocoran dibandingkan dengan sambungan las.

2. Valve

Valve berfungsi sebagai katup untuk mengatur dan mengontrol aliran keluarnya media(isi) di dalam tabung.
Jadi tugas dari si valve ini adalah membuka dan menutup katup sehingga isi yang berada pada tabung tidak bisa keluar tanpa kita membuka katup valve tersebut.

3. Handle atau Tuas APAR

Komponen ini berfungsi sebagai pegangan dan juga membantu si valve untuk mengeluarkan isi dari tabung atau membuka dan menutup katup valve tersebut.

4. Hose atau Syphon tube

Komponen ini berfungsi untuk menyalurkan isi dari media di dalam APAR. Biasanya hose memiliki beberapa tipe tergantung dengan berat berapa kilo tabung yang akan dipakai.
Selain itu penting dilakukan pengecekan untuk Hose ini agar tidak tersumbat atau berlubang.

5. Nozzle

Komponen nozzle ini biasanya terhubung dengan hose. Nozzle ini juga memiliki fungsi untuk mengarahkan dimana sumber api tersebut.

6. Pressure gauge / indicator

Komponen ini fungsinya untuk mengetahui berapa besar tekanan N2 dalam tabung APAR. Tujuannya juga sebagai indikator untuk memantau tekanan APAR tetap stabil.

7. Nozzle Holder

Komponen ini digunakan hanya untuk dudukan selang pada tabung. Yang biasanya terdapat di bagian bawah samping tabung dan tidak bisa berpindah2 atau sudah melekat.

8. Safety Pin

Safety pin atau biasa disebut pin pengaman sebagai pengaman pada tabung APAR. Pin pengaman ini biasanya terletak pada bagian atas handle APAR. Jika pin pengaman ini tidak dibuka ketika terjadi kebakaran, maka APAR tidak akan berfungsi.

9. Bracket atau Hanger

Komponen yang berguna sebagai gantungan untuk APAR.

10. Media APAR

Isi dari alat pemadam kebakaran, rata - rata di Indonesia ada 4 jenis isi alat pemadam ini yaitu CO2, powder, foam, dan Gas Halon.

Cara APAR bekerja

Tabung Silinder atau tube yang berisi media pemadaman api mendapatkan tekanan seperti Nitrogen. Ketika tuas APAR ditekan maka akan membuat jalan ke hose. Tekanan pada silinder akan mendorong media pemadaman melewati selang dan keluar dari Nozzle.

Langkah - Langkah dan Cara Menggunakan APAR

Cara menggunakan APAR adalah sebagai berikut :

  1. Tarik Kunci Pengaman atau safety pin
  2. Pegang Handle atau tuas APAR dan arahkan Nozzle ke sumber Api
  3. Tekan Tuas APAR
  4. Kibaskan nozzle pada sumber api secara perlahan sampai api padam

Metode ini pemadaman api ini sering disebut dengan P.A.S.S.

Metode PASS

Itulah komponen-komponen APAR dan fungsinya. Bila anda memerlukan alat pemadam api untuk kebutuhan keamanan gedung dan bangunan anda silahkan langsung saja menghubungi kami. Produk alat pemadam kebakaran kami dengan merk Quickfire mampu memadamkan api dengan cepat dengan harga yang kompetitif.

Artikel Lainnya
Juni 2, 2021
Refill APAR (Fire Extinguisher) dan Jenis-jenisnya

Melakukan refill APAR (fire extinguisher) atau mengganti dan mengisi ulang tabung alat pemadam kebakaran ringan wajib dilakukan secara rutin.

Read More
Juni 2, 2021
Mengenal Apa Itu Halon Fire Extinguisher - Clean Agent

Anda pasti baru pertama kali mendengar yang namanya halon fire extinguisher. Karena memang jenis APAR yang satu ini adalah yang paling jarang digunakan

Read More
Juni 2, 2021
Mengenal Apa Itu CO2 Fire Extinguisher

Salah satu Jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ada adalah CO² fire extinguisher atau Alat Pemadam Api Ringan Karbon Dioksida.

Read More
Juni 2, 2021
Mengenal Apa itu Foam Fire Extinguisher dan Kegunaanya

Foam fire extinguisher atau APAR busa merupakan salah alat pemadam kebakaran yang termasuk ke dalam sistem pemadam kebakaran gedung

Read More
Juni 2, 2021
10 Komponen APAR dan Fungsinya

Komponen Komponen APAR atau Alat Pemadam Api Ringan. Lihat fungsi setiap bagian dari alat ini untuk mengendalikan api

Read More
Juni 2, 2021
Manfaat Dari Sertifikasi Dinas Pemadam Kebakaran

Sertifikasi dinas pemadam kebakaran menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan penyedia alat pemadam kebakaran.

Read More
PT. Mitra Jaya Sarana adalah penyedia peralatan Fire Safety dan Fire Fighting Sistem di Indonesia dengan brand "Quickfire". Meneydiakan  kebutuhan peralatan Fire Hydrant, Fire Extinguisher, Fire Alarm dan Fire Sprinkler.
2021 by PT. Mitra Jaya Sarana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram