Manfaat Dari Sertifikasi Dinas Pemadam Kebakaran

Sertifikasi dinas pemadam kebakaran menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan penyedia alat pemadam kebakaran. Hal ini berkaitan dengan uji kelayakan hingga legalitas yang dimilikinya. seperti yang Anda tahu, alat pemadam kebakaran hadir dengan berbagai jenis barang yang berbeda antara satu dengan lainnya. Perbedaan tersebut muncul dengan fungsi serta cara kerja yang berbeda pula.

Setiap alat yang digunakan tersebut selain dikenal dengan fungsinya yang berbeda, mereka pun hadir dengan penggunaan bahan material yang berbeda pula. Beberapa diantaranya memang hadir dengan penggunaan bahan yang aman serta ramah lingkungan.

Namun tidak jarang pula peralatan serta perlengkapan dari alat pemadam kebakaran yang menggunakan berbagai jenis bahan material berbahaya. Karena itulah penggunaannya pun harus dilakukan dengan pengawasan. Sehingga dapat difungsikan dengan tepat dan sesuai sasaran.

seritifikasi dinas pemadam kebakaran

Berbicara mengenai penggunaan bahan material dengan fungsi yang cukup beragam tersebut. tidak heran jika kemudian sebelum disebarluaskan pada masyarakat. Alat serta perlengkapan pemadam kebakaran tersebut sebaiknya dilakukan sertifikasi terlebih dahulu. Pasalnya dengan proses sertifikasi yang tepat, maka dapat dipastikan bahwa perlengkapan serta peralatan tersebut pun dapat digunakan dengan lebih aman.

Mengenal proses sertifikasi alat pemadam kebakaran

Untuk melakukan proses sertifikasi dari alat pemadam kebakaran. Hal tersebut dapat dilakukan pada dinas pemadam kebakaran. Selain itu, hal tersebut juga dapat dilakukan oleh siapa saja, utamanya oleh mereka yang bertindak sebagai penyedia alat serta perlengkapan dari pemadam kebakaran.

Baca juga : Jenis dan Cara Kerja Sistem Pemadam Kebakaran Gedung

Tidak hanya itu, kegiatan sertifikasi ini juga dikenal dengan beberapa manfaat yang dimilikinya. Apa saja guna proses Sertifikasi Dinas Pemadam Kebakaran:

  1. Uji Kelayakan
  2. Menunjukkan Kualitas
  3. Menunjukkan Legalitas
  4. Menjaga Tingkat Keamanan
  5. Menjaga Kepercayaan Masyarakat

1. Uji Kelayakan

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari proses sertifikasi pada dinas pemadam kebakaran ini berkaitan dengan proses uji kelayakan. Dengan kata lain, setiap produk yang dilakukan sertifikasi maka akan dilakukan uji kelayakan terlebih dahulu padanya.

Jika setiap alat atau bahkan perlengkapan tersebut telah memenuhi standar yang diterapkan, maka keberadaannya pun layak untuk digunakan. Dengan kata lain, setiap peralatan serta perlengkaan dari pemadam kebakaran tersebut pun bisa mendapatkan sertifikasi tersebut dan tentunya dapat Anda gunakan dengan aman.

2. Menunjukkan kualitas

Selain dikenal sebagai alat untuk menunjukkan uji kelayakan, dengan proses sertifikasi, Anda juga dapat mengetahui dengan pasti apakah alat pemadam kebakaran yang akan Anda gunakan tersebut memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Karena pada umumnya jika alat yang disertifikasi memiliki kualitas yang buruk, maka ia pun tidak akan berhasil mendapatkan surat sertifikasi tersebut atau dinyatakan gagal dan tidak layak untuk digunakan.

Berbeda halnya dengan peralatan serta perlengkapan yang berkualitas yang tentunya bisa mendapatkan surat sertifikasi dari dinas pemadam kebakaran dengan lebih mudah.

fire hose sertifikasi

3. Menunjukkan legalitas

Bagian lainnya yang ditunjukkan dari surat sertifikasi pada alat pemadam kebakaran adalah menunjukkan legalitas yang dimilikinya. Karena seperti yang Anda tahu, setiap alat serta perlengkapan tersebut umumnya ditawarkan dari beberapa penyedia yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Untuk penyedia yang telah memiliki sertifikasi dari dinas pemadam kebakaran tersebut, maka dapat dipastilkan bahwa setiap produk dari alat pemadam kebakarannya tersebut legal untuk diperjual belikan atau bahkan disewakan. Dengan kata lain, mereka tidak akan dituntut atas penyebaran dari alat tersebut. Karena hal itu telah diizinkan melalui keberadaan surat sertifikasi yang telah didapatkan olehnya.

4. Menjaga tingkat keamanan

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda rasakan dari sertifikasi terhadap alat pemadam kebakaran adalah merasakan tingkat keamanan yang ditunjukkannya. Karena seperti yang Anda tahu, setiap peralatan serta perlengkapan tersebut ada yang hadir dengan menggunakan bahan material khusus seperti halnya zat kimia.

Penggunaan zat kimia tersebut jika dilakukan dengan baik dan benar tentunya akan berada dalam posisi aman, namun hal sebaliknya justru dapat terjadi jika keberadaannya tidak dijaga dengan baik dan benar. Karena itulah melalui proses sertifikasi tentunya setiap hal tersebut akan lebih diperhatikan, sehingga Anda sebagai pengguna pun akan terjaga dengan lebih aman.

5. Menjaga kepercayaan masyarakat

Bagian paling akhir dari manfaat sertifikasi yaitu untuk menjaga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap setiap produk dari alat serta perlengkapan pemadam kebakaran yang ditawarkan dengan lebih mudah. Pasalnya masyarakat akan lebih mudah percaya jika setiap produk tersebut telah disertai dengan surat sertifikasi yang menyatakan bahwa keberadaannya cukup aman dan bahkan layak untuk digunakan karena memiliki kualitas tinggi.

Memilih tempat penyedia alat pemadam kebakaran bersertifikasi

Jika Anda tengah melakukan pencarian dari alat pemadam kebakaran yang telah tersertifikasi oleh dinas pemadam kebakaran, maka kini Anda telah menemukannya. Pasalnya PT. Mitra Jaya Sarana dikenal sebagai salah satu penyedia alat serta perlengkapan pemadam kebakaran yang telah mengantongi beragam jenis surat sertifikasi tersebut. Berikut Produk Kami yang mendapatkan pengukuhan dari Dinas Pemadam Kebakaran untuk Alat pemadam kebakaran dan Fire Hydrant Equipment.

Bahkan setiap alat serta perlengkapan yang dimilikinya pun terbilang beragam sehingga Anda dapat melakukan pemilihan dari produk dengan sertifikasi dinas pemadam kebakaran.

Artikel Lainnya
Juni 24, 2021
Mengenal Diesel Fire Pump dan Cara Kerjanya

Pemompaan pada instalasi fire fighting (hydrant dan sprinkle)  tidak boleh tidak mesti memiliki pompa cadangan yang mendukung fungsi pompa utama. Oleh karena itu kesertaan Diesel Fire Pump tidak kalah penting dengan Electric Fire Pump dan Jockey Pump dalam satu sistem. Apa itu Diesel Fire Pump Penyebutan Diesel Fire Pump berlaku untuk jenis pompa diesel yang […]

Read More
Juni 23, 2021
Electric Fire Pump Pada Sistem Pemadam Kebakaran

Electric Fire Pump memiliki kedudukan penting sebagai pemasok air pada sistem hydrant dan sistem sprinkler fire protection. Dengan didukung oleh Jockey Pump dan Diesel Fire Pump, pompa elektrik memungkinkan pipa menyalurkan air menuju titik bukaan hydrant atau nozzle. Apa Itu Electric Fire Pump Pompa Elektrik atau Electric Fire Pump merupakan pompa utama di dalam sistem […]

Read More
Juni 22, 2021
Jockey Pump Pada Sistem Fire Hydrant dan Fire Sprinkler

Dalam sistem hydrant dan sistem sprinkle, terdapat 3 jenis pompa yang saling berkaitan fungsinya dalam menjalankan tugas sebagai pemasok air dari reservoir ke dalam saluran pipa. Ketiga jenis pompa tersebut adalah Electric Pump, Diesel Pump dan Jockey Pump.  Artikel ini akan membahas secara singkat mengenai Jockey pump dan fungsinya dalam sistem fire hydrant dan fire […]

Read More
Juni 21, 2021
Penggunaan Gate Valve Pada Sistem Hydrant

Apa itu Gate Valve Secara umum, Gate Valve merupakan salah satu jenis valve/katup yang dipakai dalam sistem pemipaan untuk menjalankan fungsi buka-tutup aliran fluida. Jenis valve atau katup ini hanya memiliki dua fungsi kontrol yakni mengisolasi fluida dan meneruskan fluida. Gate Valve tidak menjalankan fungsi lain seperti mengatur volume air dan tekanan air sehingga ketika […]

Read More
Juni 5, 2021
Hydrant Pillar: Komponen Penting dari Sistem Fire Hydrant

Dalam sistem fire hydrant tersebut ada komponen utama yang wajib untuk dimilikinya. Komponen tersebut dikenal sebagai hydrant pillar. Hydrant Pillar adalah

Read More
Juni 2, 2021
Kegunaan Dan Jenis-jenis Fire Hydrant Box

Fire Hydrant Box dikenal sebagai alat berbentuk box yang ditujukan untuk menyimpan beragam jenis peralatan untuk proses memadamkan kebakaran.

Read More
PT. Mitra Jaya Sarana adalah penyedia peralatan Fire Safety dan Fire Fighting Sistem di Indonesia dengan brand "Quickfire". Meneydiakan  kebutuhan peralatan Fire Hydrant, Fire Extinguisher, Fire Alarm dan Fire Sprinkler.
2021 by PT. Mitra Jaya Sarana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram