Peranan Kontraktor Mekanikal Elektrikal dan Tips Memilihnya

Published On 
Juni 2, 2021

Dalam proses pembangunan gedung perkantoran dan beragam jenis bangunan lainnya, Kontraktor Mekanikal Elektrikal atau Kontraktor MEP menjadi bagian penting yang tidak boleh ditinggalkan. Mengapa demikian? Pasalnya layanan jasa yang diberikannya akan sangat membantu proses pembangunan agar lebih cepat selesai. Tidak hanya itu, hal ini juga berkaitan dengan berbagai peranan penting yang dimiliki.

Mengenal Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Kontraktor Mekanikal Elektrikal atau disingkat menjadi ME dikenal sebagai jenis layanan jasa yang mana pekerjaannya berkaitan dengan konstruksi bangunan. Tanpa adanya kontraktor tersebut, maka proses pembangunan proyek pun tidak akan berjalan dengan baik.

Banyak orang yang menyamakan antara tugas kontraktor tersebut dengan arsitek atau ahli teknik sipil. Padahal keduanya jelas memiliki tugas yang berbeda. ingin tahu apa saja perbedaannya? Simaklah uraian penjelasannya berikut ini :

kontraktor mekanikal elektrikal

Tugas Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Berikut adalah beberapa tugas yang dimiliki seorang kontraktor mekanikal elektrikal :

  1. Melakukan proses pemasangan untuk instalasi listrik, dimulai dari jenis bangunan rumah hingga beragam jenis gedung pencakar langit
  2. Melakukan proses pemasangan untuk instalasi elektrikal, seperti halnya pada sistem pemasangan fire alarm, jaringan telepon, internet, tata suara dan beragam hal lainnya
  3. Melakukan proses pemasangan dari beragam jenis mesin yang terdapat di dalam gedung. Termasuk diantaran,mya mesin pompa yang digunakan untuk mengalirkan air ke segala arah, baik itu air menuju basement, air mancur, hingga mesin lift yang juga ditujukan untuk mempermudah para pengunjung gedung dan lainnya.
  4. Melakukan proses pemasangan untuk instalasi AC. Bagian yang satu ini umumnya disimpan di area plafon yang menggunakan sistem instalasi ducting. Dalam hal ini layanan jasa tersebut akan menggunakan mesin khusus yang dikenal dengan nama AHU atau pun mesin AC split yang umumnya ditempatkan di bagian dinding.
  5. Melakukan Proses pemasangan untuk Sistem Pemadam Kebakaran seperti fire hydrant dan fire sprinkler yang merupakan bagian penting untuk melindungi bangunan tersebut.

Tugas Ahli Sipil

Berbeda dengan tugas yang dimiliki oleh seorang kontraktor mekanikal elektrikal, berikut ini adalah beberapa tugas yang dimiliki seorang ahli teknik sipil.

  1. Tugas pertama seorang teknik sipil adalah melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan struktur bangunan, termasuk pula landscape, arsitektur, hingga mempertimbangan tampilan untuk interior juga eksterior dari bangunan yang akan dibuat.
  2. Jika pekerjaannya ditempatkan dalam satu jenis proyek tertentu, maka ia juga akan memegang kendali pihak yang mengatur manajemen serta bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan kontraktor mekanikal elektrikal itu tadi.

Dari penjelasan di bagian atas tadi dapat Anda lihat bahwa pekerjaan kontraktor mekanikal elektrikal itu jelas berbeda dengan ahli sipil. Pasalnya ahli sipil memiliki tugas dan ruang lingkup kerja yang lebih luas. Sedangkan untuk kontraktor mekanikal elektrikal itu sendiri tugas yang dimilikinya justru lebih terfokus pada beberapa bagian saja.

Memilih Layanan Jasa Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Bagi Anda yang hendak menggunakan layanan jasa dari kontraktor mekanikal elektrikal, maka pastikanlah untuk mempertimbangkan beberapa hal di bagian bawah ini :

1. Reputasi yang baik

Saat ini layanan jasa kontraktor mekanikal elektrikal hadir dengan jumlah banyak dan bahkan telah tersebar luas di berbagai belahan Indonesia. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan terbaik,maka pastikanlah untuk memilih layanan yang berkualitas. Seperti halnya dengan memilih layanan yang memiliki reputasi baik.

2. Memiliki tenaga kerja berpengalaman

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam memilih jasa yang memiliki tenaga kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman, sehingga kesalahan pun sangat jarang dilakukan dan proses pengerjaan tugas dapat dilakukan dengan lebih cepat.

3. Ketersediaan alat yang lengkap

Bagian selanjutnya adalah mempertimbangkan jasa kontraktor mekanikal elektrikal yang memiliki kelengkapan alat atau tidak. Pasalnya setiap tugas yang dimiliki kontraktor mekanikal elektrikal tersebut selalu berkaitan dengan penggunaan alat. Selain itu, dengan kelengkapan alat yang dimilikinya, maka pekerjaan pun dapat dilakukannya dengan lebih lancar.

4. Mudah untuk dihubungi

Tips paling akhir yang tidak boleh Anda lewatkan dalam mempertimbangkannya adalah tingkat kemudahan untuk dihubungi. Hal ini dikarenakan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor mekanikal termasuk dalam kegiatan penting yang harus dilakukan dengan segera dalam proses pembangunan bangunan. Karena itulah pastikan untuk memilih jasa yang mudah dihubungi, agar setiap kebutuhan yang Anda perlukan darinya dapat dikerjakan dengan segera.

Kelengkapan Keamanan Pembangunan

Ketika melakukan proses pembangunan, salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kenyamanan serta keamanan saat bekerja. Sebagai pekerja yang hidup dan berkaitan dengan proses pembangunan, utamanya berkaitan dengan kontraktor mekanikal elektrikal tentunya sangat rawan terkena sengatan listrik dan semburan api.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan menjadikan pekerjaan yang Anda miliki jauh lebih aman untuk dilakukan, maka dipersiapkan beberapa alat yang dapat membantu mengatasi setiap permasalahannya.

Untuk sistem Pemadam Kebakaran gedung anda dapat mempercayai kepada kami PT Mitra Jaya Sarana untuk memberikan rekomendasi dan juga menyediakan kebutuhan peralatan tersebut. Kami menyediakan berbagai kebutuhan Fire Safety seperti Fire Hydrants Equipment, Fire Extinguisher, Fire Sprinkler System dan Fire Alarm System.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai Kontraktor Mekanikal Elektrikal termasuk peranan serta tips memilihnya. Apabila anda membutuhkan bantuan untuk instalasi sistem fire fighting anda dapat menghubungi kami, dan kami akan merekomendasikan Kontraktor Mekanikal Elektrikal rekanan kami.

Artikel Lainnya
Juni 24, 2021
Mengenal Diesel Fire Pump dan Cara Kerjanya

Pemompaan pada instalasi fire fighting (hydrant dan sprinkle)  tidak boleh tidak mesti memiliki pompa cadangan yang mendukung fungsi pompa utama. Oleh karena itu kesertaan Diesel Fire Pump tidak kalah penting dengan Electric Fire Pump dan Jockey Pump dalam satu sistem. Apa itu Diesel Fire Pump Penyebutan Diesel Fire Pump berlaku untuk jenis pompa diesel yang […]

Read More
Juni 23, 2021
Electric Fire Pump Pada Sistem Pemadam Kebakaran

Electric Fire Pump memiliki kedudukan penting sebagai pemasok air pada sistem hydrant dan sistem sprinkler fire protection. Dengan didukung oleh Jockey Pump dan Diesel Fire Pump, pompa elektrik memungkinkan pipa menyalurkan air menuju titik bukaan hydrant atau nozzle. Apa Itu Electric Fire Pump Pompa Elektrik atau Electric Fire Pump merupakan pompa utama di dalam sistem […]

Read More
Juni 22, 2021
Jockey Pump Pada Sistem Fire Hydrant dan Fire Sprinkler

Dalam sistem hydrant dan sistem sprinkle, terdapat 3 jenis pompa yang saling berkaitan fungsinya dalam menjalankan tugas sebagai pemasok air dari reservoir ke dalam saluran pipa. Ketiga jenis pompa tersebut adalah Electric Pump, Diesel Pump dan Jockey Pump.  Artikel ini akan membahas secara singkat mengenai Jockey pump dan fungsinya dalam sistem fire hydrant dan fire […]

Read More
Juni 21, 2021
Penggunaan Gate Valve Pada Sistem Hydrant

Apa itu Gate Valve Secara umum, Gate Valve merupakan salah satu jenis valve/katup yang dipakai dalam sistem pemipaan untuk menjalankan fungsi buka-tutup aliran fluida. Jenis valve atau katup ini hanya memiliki dua fungsi kontrol yakni mengisolasi fluida dan meneruskan fluida. Gate Valve tidak menjalankan fungsi lain seperti mengatur volume air dan tekanan air sehingga ketika […]

Read More
Juni 20, 2021
Mengenal Lebih Lanjut Branch Control Valve

Di dalam instalasi sistem sprinkle, keberadaan Branch Control Valve sangat penting. Perangkat ini menjadi satu dari 3 komponen penting sprinkler di samping Head Sprinkler dan Alarm Check Valve.  Apa itu Branch Control Valve BCV atau Branch Control Valve merupakan suatu instrumen/perangkat pada pemipaan sistem sprinkle yang berkaitan dengan proses kontrol aliran air atau fluida. Perangkat […]

Read More
Juni 17, 2021
Mengenal Apa itu Main Control Valve (MCV)

Apa Itu Main Control Valve Main Control Valve atau MCV merupakan salah satu perangkat pada alat pemadam kebakaran yang berfungsi untuk mengontrol kinerja saluran air dalam instalasi baik sistem hydrant maupun sistem sprinkler. Di dalam sistem Valve terdapat istilah teknis yang disebut sebagai variabel proses. Cakupan pada variabel proses meliputi tekanan, level, aliran, temperatur dan […]

Read More
PT. Mitra Jaya Sarana adalah penyedia peralatan Fire Safety dan Fire Fighting Sistem di Indonesia dengan brand "Quickfire". Meneydiakan  kebutuhan peralatan Fire Hydrant, Fire Extinguisher, Fire Alarm dan Fire Sprinkler.
2021 by PT. Mitra Jaya Sarana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram