Seberapa Cepat Api Menyebar Saat Kebakaran

Kebakaran merupakan bencana yang dapat terjadi kapan saja dan biasa terjadi karena berbagai macam hal. Masyarakat terkadang masih menganggap remeh potensi kebakaran di sekitar mereka. Seberapa cepat api menyebar saat terjadi kebakaran?


Menurut Badan Penanggulan Bencana Daerah DKI Jakarta, penyebab kebakaran yang terjadi di Jakarta umumnya disebabkan oleh korsleting listrik sebanyak 74 persen dan tabung gas sebanyak 14 persen, adapun faktor lainnya yang juga biasa menyebabkan kebakaran adalah kecerobohan manusia itu sendiri seperti punting rokok yang menyala di tempat sampah, dan lain sebagainya.


baca juga : Mengenal 4 kelas kebakaran




Bagaimana Api Dapat Menyebar?


Sekali kebakaran terjadi, api akan dengan cepat melahap segala sesuatu yang dapat dilaluinya sampai tak tersisa. Selain berbahaya, kebakaran juga menyebabkan kerugian yang begitu besar.


Menurut Rainbow International, cepat lambatnya penyebaran api dapat dipengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut:


Bahan Kimia dan Bahan yang Mudah Terbakar


Ketika api bersentuhan dengan bahan kimia seperti produk pembersih rumah tangga, cat, dan bahan kimia lainnya, maka bahan tersebut akan membuat api lebih agresif. Sedangkan untuk bahan mudah terbakar, biasanya dapat ditemukan di dalam rumah seperti kasur, bantal, sofa, majalah, koran, hingga pakaian.


baca juga: 4 jenis alat pemadam api ringan / Fire Extinguisher

Ruang Terbuka


Tidak seperti bangunan yang lebih tertutup dan memiliki banyak ruangan, bangunan terbuka lebih cepat dalam menyebarkan api.

Bangunan yang memiliki ruang terbuka dapat menyebabkan api lebih cepat membesar dikarenakan sifat api sendiri yang membutuhkan oksigen untuk tetap hidup.


Bahan Konstruksi Bangunan


Api dapat menyebar dengan lebih cepat jika konstruksi bangunan yang dipakai juga merupakan bahan yang dapat atau mudah terbakar seperti kayu. Sementara bangunan dengan konstruksi beton atau baja dapat membatasi penyebaran api lebih baik.




Ventilasi


Bangunan yang memiliki ventilasi, untuk AC misalnya, dapat menjadi media bagi api atau asap untuk menyebar ke berbagai lantai dan ruangan, bahkan jika konstruksinya terbuat dari beton atau baja.

Air


Dalam beberapa kasus, misalnya kebakaran minyak, air bukanlah media yang tepat untuk memadamkan kebakaran karena justru akan mempercepat penyebaran api tersebut. Pada kasus ini diperlukan alat pemadam api khusus.

Seberapa Cepat Api Dapat Menyebar?


Kita hanya memiliki sedikit waktu untuk menyelamatkan diri dalam kebakaran! Kita harus berlomba dengan si jago merah yang menyebar dengan sangat cepat ke seluruh bangunan.


Dilansir Kevin Kennedy dalam artikelnya, diperlukan waktu kurang dari lima menit bagi api untuk menelan seluruh properti rumahmu.

Lebih lanjut lagi, Kennedy dalam artikelnya juga menjelaskan rinciannya secara lebih detail sebagai mana berikut ini:


  • 0:30 menit Setelah setengah menit, api akan mulai menyebar dengan cepat dan akan bertambah semakin besar.

  • 1:00 menit Sekitar satu menit, api akan bertambah lebih besar dan ruangan akan dipenuhi dengan asap beracun yang mengandung karbon dioksida, biasanya berwarna hitam.

  • 1:30 menit Memasuki menit ini, suhu ruangan akan mulai naik secara signifikan dan produksi asap dari pembakaran akan terus berlanjut.

  • 2:00 menit Di menit ini, alarm kebakaranmu mungkin akan mati atau tidak berfungsi, yang artinya kamu hanya memiliki waktu sekitar dua menit lagi untuk menemukan jalan keluar. Pada tahap inilah biasanya orang akan mulai merasa panik.

  • 3:00 menit Pada menit ketiga, api dan asap tebal mulai menyebar ke ruangan lainnya.

  • 3:20 menit Kemudian pada saat ini, seluruh lantai rumah akan segera dipenuhi dengan asap tebal yang beracun.

  • 3:40 menit Di menit ini, biasanya suhu ruangan akan meningkat mencapai 750 derajat Celsius. Dalam suhu tersebut, semua yang ada di dalam ruangan akan mulai menyala.

  • 4:30 menit Dan saat memasuki menit terakhir, api akan mulai melalap bagian luar rumah. Siapa pun yang berada di dalam rumah akan terancam jiwanya.

Pada saat alarm mati, itulah saat di mana kita harus bergerak dengan cepat. Namun, perlu kalian ingat bahwa yang terpenting dalam menghadapi kebakaran adalah kamu harus tetap tenang.



baca juga : mengenal Fire Alarm


Jika dirasa sumber kebakaran masih dapat kamu atasi sendiri segera padamkan, dan jika kamu sudah tidak dapat mengendalikannya, segeralah tinggalkan rumah dan tunggu tim profesional untuk menanganinya.


Sebagai tindakan pencegahan, kalian harus tetap waspada. Salah satunya yaitu jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan alarm kebakaran dan fire extinguisher ataupun Alat Pemadam Api Ringan (APAR) lainnya di rumahmu secara rutin dan berkala untuk memastikan seluruh peralatan tersebut dapat berfungsi dengan baik pada saat terjadi kebakaran yang tidak diinginkan.


Dan jika kalian belum menginstal atau memiliki APAR sebagai tindakan pencegahan, kalian harus mulai mempertimbangkan untuk membelinya. Jangan sampai kalian mengorbankan keselamatan keluargamu karena ketidaksiapanmu dalam menghadapi bencana kebakaran.




PT. Mitra Jaya Sarana memiliki Seritifikasi dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI, dan anda dapat melihat melalui situs atau Youtube kami bagaimana performa dari Quickfire Fire Extinguisher.


Dan harap tetap diingat bahwa Tabung Fire Extinguisher yang baru memiliki masa pakai 2 tahun sebelum dibuka, dan hanya bisa digunakan 1 kali saja ya. Apabila anda memerlukan pengisian tabung pemadam kebakaran, dapat hubungi kami dan dapatkan harga khusus dengan mendaftar di situs kami.


4 tampilan

Hubungi Kami

  • whatsapp logo
  • YouTube

PT. Mitra Jaya Sarana

Ruko Daan Mogot Baru Blok KJE,

Jl. Tampak Siring No. 12A, Kalideres

Jakarta Barat, DKI Jakarta

Indonesia

© 2020 by PT. Mitra Jaya Sarana