Kelas Kebakaran dan cara penggunaan Fire Extinguisher

Fire Extinguisher atau Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sudah menjadi diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, apalagi kita berkunjung ke mall, ke rumah sakit atau pun sekolah-sekolah pasti dengan mudah kita bisa menemukan APAR ini.



APAR ini sudah menjadi bagian dalam peraturan dari pemerintah untuk mencegah terjadinya hal tidak diinginkan.

Apakah adan tahu bahwa api itu dibagi menjadi beberapa golongan dan golongan tertentu juga memakai jenis APAR tertentu. Kenapa ada jenis golongan APAR yang berbeda-beda?


Kami disini menjelaskan sedikit mengenai golongan-golongan api tersebut, APAR dengan tujuan tertentu dibuat untuk golongan tertentu jadi itu sangat penting untuk mengetahui golongan apa yang nantinya termasuk dikategori yang mana sumber terjadinya kebakaran berdasarkan golongan tersebut .


baca juga: 4 Jenis Fire Extinguisher

Dalam peraturan pemerintah no Per 04/MEN/1980 golongan api dibagi menjadi 4 golongan yaitu golongan atau kelas A,B,C dan D. Berikut adalah golongan-golongan api tersebut.


1. Kebakaran Golongan A atau Kelas A


Golongan atau kelas A ini dikarenakan atau penyebabnya oleh bahan-bahan yang tidak mengandung logam atau non-logam seperti plastik, kayu, karet, kain kertas dan sebagainya yang tidak mengandung unsur logam.


Fire Extinguisher untuk Kelas A atau APAR yang bagus atau benar untuk memadamkan kelas A ini memiliki beberapa tipe yaitu APAR busa (foam), APAR cairan dan APAR zat serbuk kimia (dry chemical powder). Kelas A ini adalah kelas dimana kita sangat mudah menemukannya seperti di mall, atau di perumahan yang terjadi akibat terbakarnya benda-benda non-logam.



2. Kebakaran Golongan B atau Kelas B


Golongan atau kelas B ini dikarenakan atau penyebabnya oleh bahan-bahan yang bersifat cair dan mudah terbakar seperti alcohol, minyak, cat, solvent, dan lain sebagainya yang bersifat cairan dan mudah terbakar.


Setelah mengetahui sumber dari kebakaran kelas B ini maka APAR yang tepat untuk memadamkan api tersebut adalah APAR busa(foam), APAR karbon dioksida (CO2) dan APAR zat serbuk kimia (dry chemical powder).


Kelas B ini juga termasuk kelas dimana kita dengan mudah bisa menemukannya , contoh saja seperti di toko cat, toko bahan bangunan dan atau pun di pom bensin terdekat anda dan pastinya mereka menggunakan APAR ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.



3. Kebakaran Golongan C atau Kelas C


Golongan atau kelas C ini dikarenakan atau penyebabnya oleh instalasi daya listrik bertegangan rendah maupun tinggi. Nah dengan mengetahui sumber kelas C ini adalah listrik maka APAR yang tepat untuk memadamkannya adalah dengan APAR zat serbuk kimia (dry chemical powder) dan APAR karbon dioksida (CO2).


Kelas C ini termasuk kelas yang lumayan jarang kita temukan kecuali anda adalah seorang teknisi listrik atau seorang ahli server maka anda akan sering menemukan APAR tersebut. Ini biasanya terjadi di Ruangan server atau ruangan-ruangan perkantoran dimana terdapat banyak barang elektronik, dan pemicunya biasa adalah arus pendek listrik atau korslet dan kesalahan pada instalasi listrik.


4. Kebakaran Golongan D atau Kelas D


Golongan atau kelas D ini dikarenakan atau penyebabnya oleh material-material yang bersifat logam dan sangat mudah terbakar seperti magnesium, lithium, kalium, potassium dan sejenisnya.


Setelah mengetahui sumber dari penyebab kelas atau golongan D ini maka APAR yang tepat untuk memadamkan kebakaran kelas D adalah APAR khusus yang disediakan oleh jasa penjual APAR dan tidak diperjual belikan dengan mudah.


Jadi untuk memiliki APAR tersebut harus ada izin khusus dan tidak diperjual secara terbuka. Biasa nya terjadi pada pabril-pabrik kimia atau pabrik-pabrik baterai dan lain sebagainya.



Pengetahuan penggunaan APAR sendiri di masyarakat Indonesia pada umumnya ini masih bisa terbilang sangat sedikit loh. Kenapa demikian? Karena pendidikan seperti ini tidak dapat didapatkan ketika kita sekolah atau bahkan saat kuliah, kecuali org tersebut mengambil spesialis khusus yang mengandung penggunaan APAR sendiri.


Jadi jika terjadi kebakaran, masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum pandai atau tau bagaimana cara menggunakan APAR dengan baik dan benar. Pengetahuan ini mungkin tidak diajarkan tapi ini sangat penting jika kita mengetahui setidaknya bagaimana cara menggunakannya daripada tidak tahu sama sekali bukan?


Cara penggunaan Fire Extinguisher


Selain mengetahui kelas atau golongan api penting juga loh untuk kita mengetahui bagaimana caranya menggunakan APAR yang baik dan benar.APAR sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti pin, penunjuk tekanan, tuas dan selang. Berikut adalah cara-cara penggunaan APAR yang baik dan benar:


  1. Pastikan APAR yang digunakan sesuai dengan golongan atau kelas apinya.

  2. Pastikan tekanan pada penunjuk tekanan APAR itu dalam bagian yang berwarna hijau, karena di bagian penunjuk tekanan memiliki 3 bagian, yaitu recharge sisi paling kiri dan biasa berwarna ,merah, bagian tengah atau pressure yang menunjukkan APAR masih terisi dan paling kanan adalah overcharge biasa berwarna merah dan itu menunjukkan kelebihan isi.

  3. Kemudian tarik atau lepaskan pin yang terdapat pada tuas APAR tersebut. Biasanya berbentuk seperti kunci dan memiki lubang untuk kita tarik.

  4. Arahkan selang pada pusat api dan pastikan arah angin dimana berhembus dan pastikan badan kita searah dengan mata angin tersebut ya, karena dapat lebih efektif mematikan api nya dan kita tidak akan terkena jilatan apinya loh.

  5. Tekan kebawah tuas APAR sampai habis dan ratakan ke semua bagian/benda yang terbakar sampai api benar-benar padam.



Nah sudah tau bukan cara penggunaan APAR yang baik dan benar? Semoga pengetahuan ini bisa digunakan oleh khalayak luas dan semoga bermanfaat ya bagi siapapun yang membutuhkan.


PT Mitra Jaya Sarana


Kami di PT mitra Jaya Sarana menyediakan Fire Extinguisher untuk kelas A, B, dan C. Kualitas dari merek kami Quickfire sudah terjamin karena sudah disertifikasi.


Selain itu kami juga memastikan kualitas APAR kami merupakan kualitas terbaik, Moto kami adalah "Best Quality and Best Value" untuk klien kami.


Kami sudah menyediakan Fire Safety Equipments selama 14 tahun dan sudah memiliki partner di seluruh Indonesia, jangan ragu hubungi kami apabila anda memerlukan Fire Extinguisher QuickFire yang berkualitas tinggi.


Cek Produk kami: Fire Extinguisher Quickfire


Produk kami yang lain meliputi Fire Hydrants System, Fire Alarm Systems, Fire Sprinkler, dan Breaching Inlets. Klik disini untuk hubungi kami, tim kami akan dengan senang hati melayani anda.




4 tampilan

Hubungi Kami

  • whatsapp logo
  • YouTube

PT. Mitra Jaya Sarana

Ruko Daan Mogot Baru Blok KJE,

Jl. Tampak Siring No. 12A, Kalideres

Jakarta Barat, DKI Jakarta

Indonesia

© 2020 by PT. Mitra Jaya Sarana