4 Kelas Kebakaran dan Fakta Seputar Pemadam Kebakaran

Diperbarui: Nov 2

Alat Pemadam kebakaran adalah alat yang bertugas untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran dan menanggulangi terhadap berbagai macam bencana. Kebakaran itu sendiri memiliki banyak kelas berdasarkan media yang terbakar.


Mengetahui jenis media yang terbakar dapat membantu pertimbangan dalam membeli berbagai alat memadamkan kebakaran dalam ruangan. Selain itu, ada juga peralatan kelengkapan yang bisa membantu memadamkan api sebelum pemadam kebakaran bisa sampai ke lokasi. Seluruh informasi tersebut dapat kamu ketahui di sini.


Dalam peraturan pemerintah no Per 04/MEN/1980 golongan api dibagi menjadi 4 golongan yaitu golongan atau kelas A,B,C dan D. Berikut adalah golongan-golongan api tersebut.


Golongan Kelas Kebakaran

1. Kebakaran Golongan A atau Kelas A


Golongan atau kelas A ini dikarenakan atau penyebabnya oleh bahan-bahan yang tidak mengandung logam atau non-logam seperti plastik, kayu, karet, kain kertas dan sebagainya yang tidak mengandung unsur logam.


Fire Extinguisher untuk Kelas A atau APAR yang bagus atau benar untuk memadamkan kelas A ini memiliki beberapa tipe yaitu APAR busa (foam), APAR cairan dan APAR zat serbuk kimia (dry chemical powder). Kelas A ini adalah kelas dimana kita sangat mudah menemukannya seperti di mall, atau di perumahan yang terjadi akibat terbakarnya benda-benda non-logam.


Fire Extinguisher kelas kebakaran A

2. Kebakaran Golongan B atau Kelas B


Golongan atau kelas B ini dikarenakan atau penyebabnya oleh bahan-bahan yang bersifat cair dan mudah terbakar seperti alcohol, minyak, cat, solvent, dan lain sebagainya yang bersifat cairan dan mudah terbakar.


Setelah mengetahui sumber dari kebakaran kelas B ini maka APAR yang tepat untuk memadamkan api tersebut adalah APAR busa(foam), APAR karbon dioksida (CO2) dan APAR zat serbuk kimia (dry chemical powder).


Kelas B ini juga termasuk kelas dimana kita dengan mudah bisa menemukannya , contoh saja seperti di toko cat, toko bahan bangunan dan atau pun di pom bensin terdekat anda dan pastinya mereka menggunakan APAR ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


Dry Powder untuk Kelas Kebakaran A,B,C

3. Kebakaran Golongan C atau Kelas C


Golongan atau kelas C ini dikarenakan atau penyebabnya oleh instalasi daya listrik bertegangan rendah maupun tinggi. Nah dengan mengetahui sumber kelas C ini adalah listrik maka APAR yang tepat untuk memadamkannya adalah dengan APAR zat serbuk kimia (dry chemical powder) dan APAR karbon dioksida (CO2).


Kelas C ini termasuk kelas yang lumayan jarang kita temukan kecuali anda adalah seorang teknisi listrik atau seorang ahli server maka anda akan sering menemukan APAR tersebut. Ini biasanya terjadi di Ruangan server atau ruangan-ruangan perkantoran dimana terdapat banyak barang elektronik, dan pemicunya biasa adalah arus pendek listrik atau korslet dan kesalahan pada instalasi listrik.


4. Kebakaran Golongan D atau Kelas D


Golongan atau kelas D ini dikarenakan atau penyebabnya oleh material-material yang bersifat logam dan sangat mudah terbakar seperti magnesium, lithium, kalium, potassium dan sejenisnya.


Setelah mengetahui sumber dari penyebab kelas atau golongan D ini maka APAR yang tepat untuk memadamkan kebakaran kelas D adalah APAR khusus yang disediakan oleh jasa penjual APAR dan tidak diperjual belikan dengan mudah.


Jadi untuk memiliki APAR tersebut harus ada izin khusus dan tidak diperjual secara terbuka. Biasa nya terjadi pada pabril-pabrik kimia atau pabrik-pabrik baterai dan lain sebagainya.

Alat Pemadam Api Kebakaran


Apabila api penyebab kebakaran kecil, maka dapat ditangani secara mandiri tanpa memerlukan pemadam kebakaran. Pemadaman api tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang ada banyak jenisnya. Selain itu, bagian dalam bangunan publik juga dapat dipasang dengan fire sprinkle yang dapat membantu orang-orang dalam bangunan melakukan evakuasi diri.


Pengadaan alat pemadam api ringat dapat mencegah terjadinya kebakaran yang lebih besar. Setiap alat pemadaman kebakaran juga perlu dicek secara rutin, sehingga dapat berfungsi dengan baik. Setiap jenis dari alat memadamkan kebakaran tersebut akan dijelaskan secara rutin berikut.


1. Alat Pemadam Kebakaran Ringan


Alat memadamkan kebakaran yang boleh dimiliki secara perorangan adalah jenis yang ringan. Ukuran yang kecil akan memudahkan penggunanya dalam memadamkan kebakaran api yang kecil. Hanya saja alat memadamkan kebakaran jenis ini hanya bisa dipakai pada awal kebakaran terjadi. Apabila api sudah membesar, alat memadamkan kebakaran ini akan kurang dan tidak direkomendasikan.


Jenis ini ada beberapa bahan yang biasanya dipakai untuk memadamkan api, seperti Dry Chemical Powder, karbon dioksida, foam AFFF, dan gas pengganti halon. Jenis ini dapat disediakan pada setiap ruangan yang ada di tempat publik.


2. Alat Pemadam Kebakaran Berat


Apabila api dalam ruangan sudah tidak dapat dipadamkan dengan menggunakan alat memadamkan kebakaran ringan dan api menyala belum terlalu besar, maka dapat ditanggulangi dengan menggunakan alat memadamkan kebakaran berat. Jenis ini dapat dioperasikan oleh dua orang. Biasanya jenis ini terdapat troli atau roda di bagian bawahnya untuk memudahkan pemindahan.


Bahan yang ada di dalam alat memadamkan kebakaran ini juga sama dengan alat memadamkan kebakaran yang ringan. Misalkan saja Dry Chemical Powder, karbon dioksida, foam AFFF, dan juga gas pengganti halon berupa clean agent. Namun pastikan untuk segera menelpon bagian pemadam kebakaran saat api diperkirakan tidak bisa dipadamkan menggunakan alat yang satu ini.


3. Fire Sprinkler


Jenis alat memadamkan kebakaran lainnya yang biasa diaplikasikan dalam ruangan adalah fire sprinkle. Alat ini dapat mengalirkan air dan menyemprotkan ke bagian ruangan yang terbakar. Proses pengaliran air tersebut memerlukan sistem pemipaan yang terstruktur dan dirawat secara rutin.


Fakta sudah membuktikan bahwa sudah lebih dari 99% kasus kebakaran dapat dipadamkan dengan menggunakan alat ini. Tidak heran bila paling tidak lebih dari 40 juta fire sprinkler yang terjual setiap tahunnya di seluruh dunia. Setiap gedung publik biasanya sudah menggunakan alat memadamkan kebakaran yang satu ini.



Membeli Alat Pemadam Kebakaran


Mencegah kebakaran dapat membantu pemilik gedung terhindar dari kehilangan aset berharga mereka. Kebakaran besar dapat dicegah dengan menyediakan berbagai alat memadamkan kebakaran di setiap ruangan gedung. Anda tidak perlu repot-repot mencari kemana-mana lagi dan semua itu tersedia di PT. Mitra Jaya Sarana.


Kami menyediakan berbagai macam produk yang berkaitan dengan pemadaman api dan keselamatan dari kebakaran. Beberapa produk unggulan kami adalah Fire Hydrants System, Fire Alarm Systems, Fire Sprinkler, dan Breaching Inlets. Seluruh produk kami dijual dengan harga terjangkau dan berkualitas.


Anda bisa percaya terhadap kualitas yang kami berikan, karena perusahaan kami sudah mengantongi sertifikat dari pemerintah. Apabila Anda berminat, maka dapat langsung menghubungi kami melalui bagian chat yang ada di website https://www.mjs-quickfire.com/.


Kami sudah menyediakan Fire Safety Equipments selama 14 tahun dan sudah memiliki partner di seluruh Indonesia, Apabila anda masih bingung dengan kebutuhan apa yang diperlukan untuk Aset anda, silahkan hubungi kami. Tim Kontraktor ME kami siap memberikan solusi yang terbaik untuk Perlindungan Gedung anda.



7 tampilan

PT. Mitra Jaya Sarana

Pusat Bisnis Daan Mogot Baru Blok KJE,

Jalan Tampak Siring No. 12A, Kalideres

Jakarta Barat, DKI Jakarta, 11840

Indonesia

ABOUT

  • whatsapp mitra jaya sarana
  • YouTube mitra jaya sarana
  • LinkedIn mitra jaya sarana

© 2020 by PT. Mitra Jaya Sarana