4 Jenis Alat Pemadam Api Ringan atau Fire Extinguisher

Published On 
Juni 2, 2021

Penggunaan Fire Extinguisher atau bisa disebut juga dengan alat pemadam api ringan (APAR) ini sudah banyak diketahui oleh khalayak banyak. Bahkan sudah dikenali di Indonesia sebagai alat untuk pemadam api yang sering kita temukan di tempat-tempat umum seperti mall, sekolah, mobil, rumah sakit, kantor, dll.

Setiap tempat publik wajib untuk menyediakan alat pemadam api ringan yang biasa disingkat dengan fire extinguisher. Alat tersebut akan berguna memadamkan api pada saat kebakaran terjadi. Tentu saja kebakaran yang dimaksud hanyalah kebakaran api kecil saja atau dalam keadaan situasi darurat. Di dalam extinguisher terdapat bahan yang dapat memadamkan api dengan tekanan yang tinggi.

fire extinguisher

Ada beberapa macam alat pemadam kebakaran. Memilih alat pemadam kebakaran yang tepat bisa membantu dalam memadamkan api secara sigap berdasarkan material yang terbakar.

Di Artikel ini kami akan menjelaskan Beberapa Hal Mengenai Alat Pemadam Api Ringan

1. Aturan penempatan Fire Extinguisher atau Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

APAR juga termasuk di peraturan pemerintah mengenai keselamatan dan kesehatan kerja. Rekomendasi pemerintah untuk penempatan Apar adalah sebagai berikut:

  1. Untuk setiap 200 m2 ruang terbuka disediakan 1 unit APAR type A dengan jarak antara setiap unit maksimum 20 meter.
  2. Untuk ruang yang dilengkapi dengan pembagi / pembatas ruang, disediakan 1 unit APAR type A tanpa memperhatikan luas ruang.
  3. Untuk daerah/ruang mekanikal-elektrikal berskala kecil disediakan 1 unit APAR type A dan 1 unit APAR type B.
  4. Untuk daerah/ruang mekanikal-elektrikal berskala besar disediakan 1 unit APAR type A, 1 unit APAR type C dan 1 unit APAR type D

Nah tidak semua orang mengetahui secara detil apa sih pentingnya punya APAR? Gimana sih cara penggunaannya? Sebagian orang mungkin tahu mengenai APAR tersebut, tetapi bagaimana dengan orang kantoran seperti pegawai swasta,guru atau bahkan anak sekolahan.

2. Cara Pemakaian Fire Extinguisher

Fire Extinguisher terdiri dari beberapa bagian seperti pin, penunjuk tekanan, tuas dan selang. Berikut Cara pemakaian dari Fire Extinguisher, yaitu dengan Metode P.A.S.S (Pull, Aim, Squeeze, Sweep) :

  • Pull. Tarik pin pengaman yang ada pada alat pemadam api. Pada saat menarik pin, jangan tekan handle agar tekanan tidak keluar.
  • Aim. Angkat dan arahkan nozzle sumber api dengan memegang ujung selang alat pemadam api agar penyemprotan dapat terkendali.
  • Squeeze. Tekan terus handle sampai api dapat dipadamkan atau isinya habis.
  • Sweep. Sapukan dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
Metode PASS

3. Jenis Jenis dari Fire Extinguisher (Alat Pemadam Api Ringan)

Berbagai jenis dan fungsi APAR yang sering ditemukan di tempat umum dan terbagi menjadi empat jenis dan memiliki fungsi untuk kelas kebakaran berbeda:

  1. APAR ( Alat Pemadam Api Ringan) Kimia Kering (Dry Chemical Powder).
  2. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Carbon Dioksida (CO2).
  3. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Busa (Foam).
  4. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Gas Liquid Halon non CFC.

3.1. APAR ( Alat Pemadam Api Ringan) Kimia Kering (Dry Chemical Powder).

Nah pada APAR yang ini itu biasanya dipakai untuk memadamkan benda-benda yang bersifat non-logam, seperti kertas, kayu, tekstil dan plastic. APAR ini juga sering disebut sebagai APAR kelas A (plastic, tekstil, kayu, kertas).

Zat yang terdapat dalam tabung APAR ini berupa zat kimia yang disebut dengan Mono Ammonium Phospate. Zat kimia tersebut sedikit bersifat korosif ketika dalam keadaan agak lembab atau lembab dan juga bersifat konduktif. Biasanya ini sering banget yang anda temukan di tempat-tempat umum seperti di perkantoran, perumahan, sekolah-sekolah, rumah sakit, pom bensin dan bahkan gudang-gudang.


Baca lebih detail : Kenali Fungsi Dry Chemical Powder untuk Fire Extinguisher

Fire Extinguisher Dry Powder

3.2. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Carbon Dioksida (CO2)

APAR yang satu ini bersifat sedikit khusus ya, dikarenakan bahan yang terdapat di dalam tabung APAR ini adalah gas karbon dioksida cair dimana dapat mematikan oksigen-oksigen sehingga api bisa padam. Ini biasa sering disebut APAR kelas B dan C (bensin, minyak, gas ,solar).

APAR ini bukan hanya bisa menghilangkan kadar oksigen tetapi juga sangat ramah lingkungan dan biasanya tidak meninggalkan zat-zat kimia yang keluar dari APAR. Dengan kata walaupun isinya adalah gas CO2 yang cair namun jika disemprotkan maka cairan tersebut akan menjadi gas CO2 saja. APAR ini biasanya digunakan untuk memadamkan minyak, solat, bensin atau pun gas. APAR ini sering sekali kita temukan di tempat yang agak sensitif seperti tempat penyimpanan makanan, ruang computer, laboratorium dan lain-lain.

Baca lebih lengkap mengenai APAR CO2 disini

Fire Extinguisher Carbon Dioxide

3.3. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Busa (Foam)

APAR yang ini isinya itu berupa busa atau bisa disebut dengan zat kimia cair Potassium Acetate. Jadi kinerja dari APAR ini mencegah terjadinya adanya percikan api dan menghalangi api-api agar tidak menyebar.
Busa ini akan menutupi bagian api sehingga bisa menghalangi oksigen untuk masuk sehingga api tidak akan menyebar atau membesar. APAR ini juga sering disebut APAR kelas A dan B.


APAR ini juga sering sekali ditemui seperti di perumahan , garasi, dan workshop seperti dapur restoran. Biasanya APAR ini banyak digunakan di area dapur seperti kafe atau restoran-restoran.


Karena apabila terjadi kebakaran pada dapur dapat sangat mudah menyebar apinya, jadi dengan menghalangi oksigen yang masuk akan mencegah terjadinya penyebaran api ke bagian-bagian lainnya, dan perlahan-perlahan api akan mati.

Baca juga : Mengenal apa itu Foam Fire Extinguisher dan kegunaannya

3.4. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Gas Liquid non CFC.

Ini adalah APAR yang terkahir dan sangat jarang sekali ditemui karena APAR ini biasanya digunakan di ruangan server, ruang komunikasi dan sejenisnya. APAR ini juga disebut sebagai APAR kelas A, B dan C.


APAR ini juga sempat dilarang penggunaan nya oleh pemerintah karena ada isu dapat merusak ozon, jadi berdasarkan peraturan menteri perindustrian no 33 tahun 2007, APAR dengan Halon atau Gas liquid ini sudah dilarang dan tidak boleh digunakan.


Jadi tenang saja bagi orang yang ingin memiliki APAR ini sekarang sudah memiliki Gas Liquid non CFC dimana APAR ini berisi non halon dan tentunya ramah lingkungan. APAR ini biasanya digunakan khusus pada laboratorium, panel-panel mobil, ruang server dan juga restoran atau kafe.


Gas liquid ini juga sangat aman dipakai dan tidak bersifat meninggalkan sisa gas liquid dan juga tidak merusak benda atau produk yang dipadamkan.

Fire Extinguisher merk Quickfire

Apabila Anda ingin membeli extinguisher dapat dilakukan melalui PT mitra jaya sarana. Kami menyediakan semua jenis pemadam kebakaran maupun fire protection sudah lebih dari 14 tahun. Seluruh produk kami sudah terbukti mampu mengatasi berbagai jenis kebakaran dengan baik dan mendapatkan pengukuhan dari dinas kebakaran DKI Jakarta.


Menggunakan extinguisher buatan PT Mitra Jaya Sarana memiliki banyak keunggulan daripada merek produk lainnya.
Keunggulan Fire Extinguisher Merek Quickfire:

  • Memiliki kemampuan pemadaman api yang cepat dan efektif
  • Mencantumkan instruksi cara pemakaian yang lengkap dan jelas untuk kemudahan operasi pemadaman kebakaran
  • Tersedia berbagai macam media pemadam kebakaran yang bisa diisi ulang sesuai dengan kebutuhan
  • Memiliki warna tabung sesuai dengan standar internasional
  • Harga yang terjangkau dengan kualitas yang prima (minimum Cost Maximum Protection)

Produk kami : Fire Extinguisher Merk Quickfire

Kesimpulan
Itulah jenis - jenis Fire Extinguisher atau APAR, pilihlah APAR sesuai kegunaannya atau kelasnya dan kebutuhannya. Jika salah memilih APAR bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diingankan seperti aliran listrik atau mungkin api yang tidak kunjung padam. Maka dari itu ketahui apa yang anda perlukan serta kegunaannya.

Artikel Lainnya
Juni 2, 2021
Refill APAR (Fire Extinguisher) dan Jenis-jenisnya

Melakukan refill APAR (fire extinguisher) atau mengganti dan mengisi ulang tabung alat pemadam kebakaran ringan wajib dilakukan secara rutin.

Read More
Juni 2, 2021
Mengenal Apa Itu Halon Fire Extinguisher - Clean Agent

Anda pasti baru pertama kali mendengar yang namanya halon fire extinguisher. Karena memang jenis APAR yang satu ini adalah yang paling jarang digunakan

Read More
Juni 2, 2021
Mengenal Apa Itu CO2 Fire Extinguisher

Salah satu Jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ada adalah CO² fire extinguisher atau Alat Pemadam Api Ringan Karbon Dioksida.

Read More
Juni 2, 2021
Mengenal Apa itu Foam Fire Extinguisher dan Kegunaanya

Foam fire extinguisher atau APAR busa merupakan salah alat pemadam kebakaran yang termasuk ke dalam sistem pemadam kebakaran gedung

Read More
Juni 2, 2021
10 Komponen APAR dan Fungsinya

Komponen Komponen APAR atau Alat Pemadam Api Ringan. Lihat fungsi setiap bagian dari alat ini untuk mengendalikan api

Read More
Juni 2, 2021
Manfaat Dari Sertifikasi Dinas Pemadam Kebakaran

Sertifikasi dinas pemadam kebakaran menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan penyedia alat pemadam kebakaran.

Read More
PT. Mitra Jaya Sarana adalah penyedia peralatan Fire Safety dan Fire Fighting Sistem di Indonesia dengan brand "Quickfire". Meneydiakan  kebutuhan peralatan Fire Hydrant, Fire Extinguisher, Fire Alarm dan Fire Sprinkler.
2021 by PT. Mitra Jaya Sarana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram